9 program gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang harus kita lanjutkan

Masih ingat dengan Ahok?, saya yakin kalau seluruh rakyat Indonesia ini tahu, kenal atau paling tidak pernah mendengar nama mantan bupati Belitung Timur ini. Nama lengkapnya adalah Basuki Tjahaja Purnama, namun ia lebih terkenal dengan nama Ahok. Ia adalah pejabat yang sangat fenomenal dan penuh kontroversi, terutama saat ia mendaulat sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta, melanjutkan tugas dari Bapak Joko Widodo yang kini menjabat sebagai Presiden negara kesatuan Republik Indonesia. Saat Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia banyak membuat kebijakan-kebijakan yang sangat bagus dan dinilai oleh beberapa kalangan kebijakan Ahok ini sungguh berani. Iya, itulah Ahok yang konon katanya adalah gubernur terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.
9 program gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang harus kita lanjutkan
Gubernur Basuki Tjahaja Purnama [Ahok]

Mari kita bersama-sama meneruskan 9 program Ahok, yang nantinya bisa dinikmati semua kalangan masyarakat ibukota Jakarta.


Terlepas dari urusan politik dan agama yang menyebabkan Ahok tidak bisa meneruskan cita-citanya membangun dan membenahi kota Jakarta sepenuhnya, sudah selayaknyalah kita mengingatkan kepada masyarakat kita bahwa apa yang sudah dicanangkan oleh gubernur Ahok sebelumnya, harus diteruskan. Tidak peduli siapa yang mendapat kepercayaan masyarakat dan menjabat sebagai pemimpin Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini. Tentu saja meneruskan program-program kerja Ahok ini, nantinya bisa dinikmati dan ditujukan ke semua kalangan masyarakat. Baik itu masyarakat kelas bawah, menengah dan juga masyarakat kelas atas. Karena hakekat pembangunan memang seharusnya demikian.
Berikut adalah prestasi karier atau program-program Ahok yang harus kita lanjutkan :

1. Transportasi umum agar lebih lancar dan nyaman
Alat transportasi darat kota Jakarta yaitu bis-bis Transjakarta yang sudah berjalan, harus dikembangkan dan dirawat. Dikembangkan disini dalam arti yang dirasa belum ada, segera diadakan. Seperti jumlah armada bis Transjakarta, koridor tambahan, service station untuk bis-bis Transjakarta, dan lainnya, jika setelah direview, dirasa perlu,ya segera diwujudkan, jangan ditunda. Dirawat artinya semua peralatan dan infrastruktur transportasi umum, harus dibuatkan system pelestariannya. Baik itu sarana dan jadwal perawatannya. Semua standard-operasi harus dilakukan, karena ini menyangku layanan public.

2. Generasi anak bangsa agar lebih Sehat dan Pintar
Tujuan pembangunan yang sebenarnya adalah meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Pembangunan yang paling tidak bisa dinomor-duakan adalah pembangunan didunia pendidikan. Dunia sudah membuktikan bahwa pembangunan sumber daya manusia bisa menghantarkan bangsa dalam persaingan ekonomi dan tehnologi yang menjadi ukuran kemajuan sebuah negara.
Untuk itu, program Jakarta Sehat dan Jakarta Pintar yang sudah dirintis oleh Ahok, harus dilanjutkan. Teruskan, dan control agar selalu ‘Tepat Sasaran’. Iya, kata-kuncinya adalah ‘Tepat Sasaran’. Ini harus selalu dlakukan pengawasan pelaksanaanya.

3. Kota Jakarta harus menjadi lebih bersih dan sehat
Program Kali-Bersih contohnya. Coba bandingkan keadaan kali atau sungai-sungai kita, sekarang dan beberapa tahun silam sebelum jamannya Jokowi dan Ahok. Sekarang kita tinggal melanjutkan. Saya pikir bukan kerjaan sulit. Kita hanya perlu menjaga system yang ada serta secara terus-menerus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya ‘Kali Bersih’. Serius dan berkelanjutan disini menjadi kata-kunci. Keberhasilan program Jakarta Bersih dan Sehat ini akan berpengaruh atau terkait dengan program lainnya, yang nantinya juga akan sangat besar pengaruhnya pada keberhasilan pembangunan dibidang Ekonomi.

4. Kota Jakarta harus benar-benar bebas banjir
Ini berkaitan dengan program Ahok yang sudah kita bahas di nomer 3 sebelumnya,yaitu program ‘Kali Bersih‘. Dengan kata-kunci Serius dan berkelanjutan membangun kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke kali, sehingga kali-kali Jakarta akan tetap terjaga kebersihannya, dan akhirnya tidak terdengar lagi kata-kata ‘Jakarta langganan Banjir. Juga soal pompa-pompa seperti di Pluit, harus dibuatkan S.O.P dan jadwal perawatan agar bisa tetap berfungsi di musim hujan. Tanpa kondisi Jakarta yang Bebas Banjir, akan mengakibatkan pembangunan ekonomi terganggu. Jadi akan selalu saling berhubungan, saling terkait antara program yang satu dengan program yang lainnya.

5. Kota Jakarta harus semakin rapi
Hal-hal yang sudah dimulai sebelumnya, hendaknya dilanjutkan. Seperti misalnya warga yang tinggal dipinggir kali, dipindahkan ke rumah susun. Tentu saja tindakan pendekatan dan sosialisasi tujuan program ini ke masyarakat terus-menerus secara bijak dan sabar. Begitupun soal perapian Pedagang Kaki Lima yang masih membandel, yang masih memaksa berdagang pada bukan tempatnya, yang menyebabkan kemacetan, harus di bereskan. Terus-menerus secara bijak. Tentu saja urusan begini tidak bisa kita selesaikan dalam waktu dekat. Ini disebabkan kesadaran masyarakat kota kita yang boleh dibilang masih sangat rendah, kalau tidak mau dibilang, ‘susah diajak maju, susah diajak rapi’. Harap maklum, sabar.

6. Kota Jakarta harus benar-benar bebas pungutan liar.
Boleh kita bilang pada jaman Ahok menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, ia benar-benar sukses membasmi hampir semua pungutan liar yang sudah menjadi budaya masyarakat kita. Ini tidak mudah, diperlukan keberanian dan keseriusan. Karena kita sama-sama tahu, para pelaku pungutan liar ini memang di backing-up oleh para oknum pejabat. Nah, hasil babat-alas oleh Ahok ini, harus dijaga, diteruskan, jangan sampai tumbuh-menjamur lagi pungutan-pungutan liar yang merugikan negara. Sudahlah, mohon para pejabat yang sekarang benar-benar bekerja ikhlas demi rakyat dan kemajuan Jakarta. Tanpa niat baik, sia-sia semuanya apa yang sudah dimulai dengan baik.

7. Aspirasi warga Kota Jakarta harus ada tempat untuk menyalurkan
Layanan-layanan pengaduan demi pengembangan Jakarta yang sudah sempat berjalan dengan baik dimasa Ahok, harus tetap kita jalankan, bahkan harus dikembangkan sistemnya. Sebenarnya kalau kita pikir, dengan adanya nomor-pengaduan, akan memperingan petugas pemerintah kota. Okay, anggaran pembangunan kan berasal dari warga kota, hasilnya kita tujukan untuk seluruh warga kota, tentu saja wajar kalau SPK juga dari warga kota. Semua semakin transparan. Dan warga kota pun merasa ikut berperan dalam menyelesaikan permasalahan kota.

8. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Khusus Ibukota Jakarta jadi Transparan
Pada point ke 7, sudah saya utarakan bahwa anggaran pembangunan kan berasal dari warga kota, hasilnya kita tujukan untuk seluruh warga kota, lntas buat apa pula Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah [APBD], kita tidak buka kepada warga kota. Kan itu dana mereka, bahkan gaji para pejabat kota pun boleh dibilang berasal dari warga-kota.  Intinya, transparansi akan APBD kita lanjutkan. Jangan ditutup-tutupi, apalagi karena maksud untuk diselewengkan.

9. Pegawai Negeri Sipil menjadi lebih Disiplin
Sebagai abdi atau pelayan warga kota, sudah selayaknya kita merasa malu kalau kita terlihat santai dalam menjalankan tugas. Gaji PNS sekarang ini sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Kalau memang sudah tidak sanggup melayani masyarakat, silahkan mundur, masih banyak yang lebih baik, yang lebih bisa ikhlas sanggup menjadi pelayan masyarakat. Mulai hari ini, mari kita tingkatkan kedisiplinan kerja kita. Budayakan malu untuk bolos kerja, malu terlambat masuk kantor.

Saya yakin jika semua hal yang saya bahas diatas dilanjutkan dengan baik dan benar, bisa membuat Kota Jakarta atau propinsi DKI Jakarta lebih baik dan maju. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, termasuk kawan-kawan kita diluar propinsi DKI Jakarta.
Bagikan Artikel ini via :
Share on fb Tweet Share on G+

0 Response to "9 program gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang harus kita lanjutkan"

Post a Comment

Terima kasih sobat sudah berkunjung di Hotline Terkini, Cara baru Berbagi Online, sekarang giliran anda berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Salam Blogger.