Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal

Cascade Treatment adalah proses treatment awal yang mutlak harus kita lakukan, dalam usaha kita menjadikan Black Opal menjadi jarong. Dan “Cascade Treatment” ini bertujuan untuk mengeluarkan jelly pada badan Black Opal. Diharapkan setelah proses treatment ini, jelly atau getah Black Opal yang ada di badan Black Opal akan keluar dan merata di lapisan luar dari badan Black Opal. Anda akan melihat lapisan getah atau lapisan jelly berwarna putih-kabut segar pada sekeliling layer terluar dari B.O. Anda ingin tahu apa yang saya lakukan pada proses awal yang saya sebut dengan “Cascade Treatment” ini?. Atau mungkin anda masih ingin membaca artikel utama sebelum ini, “Cara memperlakukan batu permata Black Opal”  silahkan sobat pecinta kalimaya Black Opal semua, baca Cara memperlakukan kalimaya Black Opal pada artikel tersebut. Nah bahasan kali ini adalah treatment awal atau persiapan awal, sebelum kita melakukan treatment rutin, demi menjadikan batu kalimaya black opal menjadi jarong atau paling tidak, keluar warna. Tergantung bahan B.O, tehnik dan intensitas perawatan.

Cascade Treatment -Awal perawatan Black Opal

Baiklah langsung saja, berikut urutan dari “Cascade Treatment” agar jelly atau getah Black Opal yang ada di badan Black Opal akan keluar dan merata di lapisan luar dari badan Black Opal yang nantinya berguna untuk memperoleh hasil perawatan Black Opal yang maksimal.!!.



A. Jemur Black Opal di panas matahari pagi selama 3 sampai 4 jam, idealnya sinar matahari jam 9.00 pagi sampai dengan jam 13.00 siang.


B. Gosok dengan amplas kehalusan sedang, gosok sampai merata kecuali untuk titik yang sudah terlihat titik kembang warna.


Gosok dengan amplas kehalusan sedang, gosok sampai merata kecuali untuk titik yang sudah terlihat titik kembang warna.


C. Siapakan 2 wadah atau tempat yang tahan panas, untuk "Cascade treatment ", yang nanti akan kita gunanya :
Siapakan 2 wadah atau tempat untuk Cascade treatment

1. Tempat buat Black Opal yang sudah dijemur dan sudah diamplas rata. Tempat Black Opal ini harus tahan akan panas, misalnya bak steinless.

Tempat buat Black Opal yang sudah dijemur dan sudah diamplas rata. Tempat Black Opal ini harus anti panas, misalnya bak steinless

2. Tempat untuk minyak kelapa yang digunakan untuk merebus minyak kelapa. Tempat kedua ini juga harus tahan akan panas, misalnya bak steinless. 
 
Tempat untuk minyak kelapa yang digunakan untuk merebus minyak kelapa. Tempat kedua ini juga harus anti panas, misalnya bak steinless
D. Tempatkan Black Opal di bak steinless yang pertama. 
Tempatkan Black Opal di bak-steinless yang pertama

E.  Rebus minyak kelapa menggunakan di bak-steinless yang kedua sampai cukup panas, tapi awas jangan sampai terlalu panas karena bisa terbakar. Proses merebus minyak kelapa ini, harus kita lakukan diluar rumah, agar tidak membahayakan (kebakaran).
 
Rebus minyak kelapa menggunakan di bak-steinless yang kedua sampai cukup panas

F. Setelah minyak kelapa cukup panas, angkat dan “Siramkan” ke tempat yang sudah berisi Black Opal. Lakukan perlahan, jangan mengena langsung ke badan batu kalimaya Black Opal. 

Siramkan minyak kelapa panas ke tempat yang sudah berisi Black Opal
 
G. Tunggu sampai Black Opal dan minyak menjadi dingin, sambil lakukan pengecekan pada masing-masing B.O, apakah jelly sudah keluar dan berada dilapisan terluar dari black opal. 

Tunggu sampai Black Opal dan minyak menjadi dingin, sambil lakukan pengecekan pada masing-masing B.O, apakah jelly sudah keluar dan berada dilapisan terluar dari black opal

H. Lakukan langkah nomor “E”, “F” dan “G” sampai 2 atau 3 kali. Atau kalau anda mau, lakukan sampai jelly sudah keluar dan berada dilapisan terluar dari Black Opal.

 
Hasil dari Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal
 


a. Untuk melakukan Cascade Treatment ini, anda hendaklah melakukan seleksi bahan Black Opal, pilih bahan yang terdapat getah/jelly pada layer persis dibawah kulit Black Opal. Jangan buang-buang waktu percuma untuk bahan Black Opal yang tidak ada jelly.
 
b. Sebelum Black Opal di siram dengan minyak kelapa panas, jangan lupa selalu diamplas untuk membuka pori-pori Black Opal, sebagai jalan atau pintu keluarnya jelly.
 
c. Begitu juga sebelum dijemur di matahari, anda juga perlu menggosok atau sekedar memoles Black Opal. Tujuannya agar bekas minyak kelapa tidak menutupi jelly. Supaya jelly bisa segera mendapat sinar matahari yang dibutuhkan bagi Black Opal.

d. “Bekerjadengan panas adalah bencana bagi Black Opal”, demikian saran dari teman kita Ponco Niswanto. Perlu saya tegaskan disini, yang dimaksud dengan kata-kata diatas adalah “panas yang berlebihan”, bukan seperti yang saya lakukan pada “Cascade Treatment” ini. Mohon difahami porsi panas yang dibutuhkan Black Opal ini dengan benar.

Untuk memperjelas artikel ini, berikut saya sediakan video tutorial ala kadarnya, mudah-mudahan anda bisa memahami yang saya maksud.
 
Support Video :
1. Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal (PART I)

2. Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal (PART II)

3. Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal (PART III)

4. Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal (PART IV)

5. Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal (PART V)

Demikian laporan dari saya selaku pecinta kalimaya Black Opal, sengaja saya tujukan atau dedikasikan untuk pengembangan Black Opal. Jika cara "Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal" ini bisa membantu teman-teman pecinta Black Opal, saya akan bangga dan senang. 
Tetapi, jika ini tidak sesuai dengan pengalaman dan kesimpulan anda, mari kita kaji bersama melalui saling berkomentar di kotak komentar yang tersedia dibawah.

Terima kasih dan salam B.O.


Bagikan Artikel ini via :
Share on fb Tweet Share on G+

104 Responses to "Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal"

  1. Gan mohon petunjuk bila batu black opalnya sudah diikat apakah harus dibuka dulu ikatannya? Trimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila getah atau jelly ada dibagian atas-luar B.O, saya pikir tidak usah dilepas dari ring. Posisikan cincin B.O berdiri, dan ring jangan menempel lantai bak minyak kelapa. Tapi kalau getah atau jelly B.O ada bagian bawah, lebih bagus dilepas dulu, sobat Roy Moga.

      Terim kasih sudah datang, Salam B.O.

      Delete
    2. Begini Tips Merawat Batu Akik yang Bener >> TIPS MERAWAT BATU AKIK

      Jangan Buru2 Beli Batu Akik Sebelum Baca Tips Ini >> TIPS MEMILIH BATU AKIK

      Delete
    3. Wah, terima kasih atas tipnya teman.

      Delete
  2. Wahh cocok kang Marlo kalau ngobrol tentang batu mulia sama adik saya,, heee
    ngmong2 itu jelly kenapa harus di keluarin..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelly atau getah kan calon kembang warna Kang Hary. Makanya harus di Re-Order Layer. Tukar layer, lapisan jelly keluar, serat kayu mengisi ke dalam.

      Setelah proses Cascade-Treatment ini, barulah di rawat sebagaimana sudah saya terangkan pada artikel sebelumnya yaitu Cara memperlakukan batu permata Balack Opal.

      Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar, salam blogger
      Salam B.O

      Delete
    2. klau udh muncul getah pituh kebiruan, langkah treatment selanjutnya utk menumbuhkan jarong gimana om ?
      trims ats share ilmunya yaa

      Delete
    3. Kang...sy udh bbrp kali gnti menu.1.oli 2.gpu 3.zaitun.prtnyaan sy apa dg ganti ganti menu d atas bisa kluar jarong.fg menu awal yg bapa share dg ramuan minyak kelapa d panaskan...

      Delete
  3. Wah saya kalau urusan Batu permata nyerah deh, saya percayakan sama Kang Marlon yang ahlinya.. Salam sore ya Kang semoga sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam malam kang Saud Karrysta. Terima kasih atas kunjungan akang.
      Iya nih, sudah kurang lebih satu tahun terakhir ini, saya sibuk di Black Opal. Hobby kang Saud.
      Saya pikir selain blogger, akang juga suka sama Black Opal.. hehe..

      Salam sukses ya Kang Saud Karrysta.
      Salam blogger.

      Delete
    2. Amin ya Kang semoga kita semua sukses dan selalu berhasil dalam segala hal. Salam santun buat Kang Marlon dan salam hangat... juga salam blogging :)

      Delete
    3. Amin Kang Saud. saya bangga sekarang blog saya sudah didatangi Kang Saud, Karrysta.
      Kalau soal Black Opal, saya hobby sekali sampai-sampai menjadi kegiatan utama diluar jam kerja sebagai kuli pabrik kang.

      Delete
  4. Kang Marlon saya follow blognya yah biar kita bisa saling mengunjungi dengan mudah. alam blogging :) :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas dukungan Kang Saud Karrysta. Iya kang, benar sekali, dengan saling follow blog, kita bisa mendapat notifikasi blogger, sehingga kita bisa segera meluncur ke blog sahabat. Saya senang akan hal ini, saling follow dan saling memberi dukungan. Amiin.

      Delete
    2. Wah terima kasih appresiasi saya bisa di setujuai dan di approve oleh Akang Sebagai senior saya di blogging. Terimakasih sekali ya Kang. saya butuh Sahabat untuk bisa lebih baik untuk kesenjangan, kelestarian dan kesinambungan blog saya yang masih lemah tarffic dan semuanya Kang. terima kasih atas kebijakan yang Akang berikan. salam blogger :)

      Delete
    3. Saya yang justru senang ada teman blogger senior yang sudi mengikuti blog saya yang cuma ala kadarnya Kang Saud. Terima kasih. Terima kasih atas dukungan akang.

      Kalau bicara traffic atau SEO, waah saya boro-boro ngarti yang begituan kang. Saya tidak merendah, tapi saya tidak bisa berbohong, juga memang tidak suka. Apa adanya lebih enak dan nyaman.

      Terima kasih atas kunjungan akang Saud Karrysta.
      Salam blogger, semoga akang Saud makin sukses, Amin.

      Delete
  5. Salam pagi yang cerah Kang Marlon simak dan baca kemvbali tentang p[engetahuan : Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal

    Kang ini form edit comment nyabagus dengan effects glow dan effects hover saya jadi ngiler nih pengen .. bopleh tips nya di share Kang.. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam kang Saud, maaf terlambat balas komentar akang.
      Kalau tentang treatment Black Opal, saya berani bilang kalau saya punya jam terbang cukup tinggi.

      Tapi kalau soal coding pada template blog, sebenarnya saya belum tahu apa-apa. Ini jujur kang.
      Bahkan saya sudah lupa design siapa yang saya pakai. Tapi seingat saya, saya sering menerapkan dari post-post Kang Adhy Suryadi, KompiAjaib.

      Kalau memang mau, nanti saya kasih akang, salinan .xml template ini secara full. Silahkan akang check, atau terserah akang sajalah. Kalau sempat, mohon sekalian diperbaiki dan kasihkan ke saya kembali. hehe... maklum saya sudah lemot untuk belajar coding. maaf.

      Terima kasih Kang Saud. Salam blogger.

      Delete
  6. Maaf Kang Marlon semalam saya gak kuat matanya jam 11 malam eeh malah ketiduran lagi di depankomputer jadul saya. jadi ndak bisa simak artikel : Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal. ini sekarang baru bisa hadir lagi maaf ya Kang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kehadiran akang kembali disini, di Cascade-Treatment, Awal perawatan Black Opal.
      Saya juga sering ketiduran kang Saud. Hehe.. maklum fakto "U" nih.
      Tidak apa-apa Kang Saud, sudah mau hadir disini saja saya sudah berterima kasih banget.

      Salam blogger. tambah sukses ya Kang Saud.

      Delete
  7. A. Jemur Black Opal di panas matahari pagi selama 3 sampai 4 jam, idealnya sinar matahari jam 9.00 pagi sampai dengan jam 13.00 siang.
    kang marlon waktu menjemur BO itu di oles minyak atau tidak dan contoh bahan BO yang mengandung getah atau jeli yang gimana kalau boleh minta contoh dan pencerahannya kang >

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami disini menjemur Black Opal pada jam 8 pagi sampai jam 11 siang.
      Iya silahkan dioles minyak kelapa.

      Jelly itu getah bening yang berada diantara kulit dan badan Black Opal.

      https://lh3.googleusercontent.com/-ZBu56brOTGQ/VJ1yR7Opj1I/AAAAAAAAIOo/NTxEiviV09I/w640-h480-no/Jelly.jpg

      Delete
    2. hola bang marlo saya sudah coba pake minyak panas...tp kenapa kok kaya efek goreng ya pas tuangin minyak panas nya....di BO saya keluar buih kaya kita goreng tempe..apa ada yg salah ya

      Delete
    3. hola bang marlo saya sudah coba pake minyak panas...tp kenapa kok kaya efek goreng ya pas tuangin minyak panas nya....di BO saya keluar buih kaya kita goreng tempe..apa ada yg salah ya

      Delete
  8. F. Setelah minyak kelapa cukup panas, angkat dan “Siramkan” ke tempat yang sudah berisi Black Opal. Lakukan perlahan, jangan mengena langsung ke badan batu kalimaya Black Opal.
    kang marlon kalau BO nya sudah di siram dengan minyak getahnya tidak keluar ( tidak ada perubahan ) apakan harus di lakukan berulang kali dan apabila di lakukan berkali _ kali tidak ada perubahan apakah bahan BO kurang bagus>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sobat. Pastikan bahan B.O sobat terdapat jelly yang lumayan banyak, agar didapat bakal Black Opal yang bagus.

      Kalau tidak ada sama-sekali, percuma sobat. buang-buang waktu.
      Ingat, kembang warna berasal dari jelly/getah.

      Delete
  9. Mohon penampakan BO yg sdh jadi, hasil treatment anda bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya bagikan melalui artikel "Seni proses, keindahan, dan keunikan Black Opal" Silahkan dilihat sobat. Jangan lupa juga ditonton videonya di http://youtu.be/odZhan0mbjI?list=UUZwFOIm9QMG291oLln2c9iw

      Delete
  10. Kang minta contoh photo Cascade Treatment tahap akhirnya,
    Maksudnya contoh BO nya sehingga treatment bisa di lanjutkan ke treatment selanjutnya......kalau di siram minyak 2 or 3 kali tidak ada perubahan apakah dihentikan atau terus di lanjut sampai jelly keluar,saya minta contoh nya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contoh atau foto hasil cascade treatment sudah saya tambahkan sobat. Di artikel setelah ini juga saya sertakan.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Salam sukses

      Delete
  11. Kalau untuk bahan BO porselin itu bagus atau tidak kang.....minta pencerahannya kalau beli bahan jenis akar or porselin . Makasih Gan

    ReplyDelete
  12. Kalau bisa kang muat tulisan atau tutorial pemilihan bahan BO yang berkualitas dan treatment finising nya.

    ReplyDelete
  13. Untuk Kalimaya Black Opal porselen, solid, dan tidak ada jelly nya apakah bisa om?. Apa bisa dengan disiram berkali-kali?.
    Mohon dijelaskan om. Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Yuhuuuu..bang Admin kamana ya, punten ahh

    ReplyDelete
  15. siang...makasih buat infonya bang marlon...saya ingin tanya, setelah proses cascade dilakukan..apakah kembang pada Black Opal akan langsung keluar atau ada tahapan lain ya..??jika ad tahapan lain apakah bisa di infokan seperti proses cascade ini..terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  16. Om marlon cara treathment seperti itu apa bisa untuk bahan kalimaya susu,teh,kopi atau hanya untuk Blak opal saja om? Mohon pencerahan nya, terimakasih......

    ReplyDelete
  17. Om marlon cara treathment seperti itu apa bisa untuk bahan kalimaya susu,teh,kopi atau hanya untuk Blak opal saja om? Mohon pencerahan nya, terimakasih......

    ReplyDelete
  18. Om saya mau tanya, minyak yg dipakai minyak yg biasa ada di warung/toko untuk menggoreng atau minyak VCO (virgin coconut oil)

    ReplyDelete
  19. om, kalau belom ada jelynya alias hitam legam, apakah bisa juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya tidak bisa, tapi ini kaitannya dengan lama perawatan yang sama sekali tidak bisa terukur. Untuk yang sudah keluar kembang 1~2 saja, kita masih sulit memastikan kapan kembang warna selanjutnya akan datang. Bagaimana kalau yang benar-benar hanya hitam legam tanpa jelly.
      Ini tidak menguntungkan jika sobat berada di orientasi komersial.

      Delete
    2. Om saya mo nanya sekali lagi,gmn cara merawat bo yg udah kluar warna kuning emas & titik putih seperti butir gula pasir,tlg penjelasannya,thank om.

      Delete
  20. Om kalau bo sudah seperti batu pasir emas banyak titik titik sinarnya apa yang harus dilakukan lagi agat keluar warnanya. Thanks

    ReplyDelete
  21. Punten mohon ijin gabung

    ReplyDelete
  22. Sy punya bbrpa bahan BO, tp krg paham dg kategori bergetah, kayaknya sih dah porselen... Mhn informasi bhn BO yg berkualitas ciri2nya

    ReplyDelete
  23. saya punya BO .. tapi saya masih bingung untuk menentukan/tau bahan BO trsebut bakal tumbuh jarong atau tidak .. terutama pada proses awal saya melihat BO trsebut..

    tolong kasih tau saya ,bgmna cara memilih bahan BO yg bakal tumbuh jarong dan yg tidak ..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat aza dlm keadaan kering..
      Sorotkan lngsung k sunar matahari..
      Ada tampak kerlap kerlip tidak
      Klu ada ya bgus..kku tdak ada ya treatment jemur spnjang hari...
      Soal nya saya bgtu.. memilih bahan nya

      Delete
  24. saya punya BO .. tapi saya masih bingung untuk menentukan/tau bahan BO trsebut bakal tumbuh jarong atau tidak .. terutama pada proses awal saya melihat BO trsebut..

    tolong kasih tau saya ,bgmna cara memilih bahan BO yg bakal tumbuh jarong dan yg tidak ..terima kasih

    ReplyDelete
  25. Klo msh ada lumpur lumpur keringnya, cara paling bagus untuk ngilanginnya gmn ya? Tenkyu gan

    ReplyDelete
  26. Proses penjemurannya direndem pake air hujan atau langsung tanpa direndem gan?

    ReplyDelete
  27. Kang batu black opal saya sudah keluar jelly atau getah berwarna biru setelah keluar adakah perawatan lagi unuk mengeluarkan jarong merata full?tolong kasih pencerahan ya kang

    ReplyDelete
  28. Ada no hp gak om?
    Kirim by email aja om...
    herupath@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Ada no hp gak om?
    Kirim by email aja om...
    herupath@gmail.com

    ReplyDelete
  30. assalamualaikum kang, selamat siang, selamat berliburr..
    maaf kang sebelumnya boleh minta pin bb ato no tlp nya gak..
    biar saya bisa kirim2 poto ato share treatment yang saya lakukan...
    makasih sebelumnya
    salam sukses
    aswin ramadhan
    wasalam..

    ReplyDelete
  31. Assalammualaikum kang marlon informasinya sangat membatu... khususnya bagi sya yg masih newbie,,, saya mau tanya kang untuk panasnya minyak yg di panaskan sampai berapa derajat y kang ? Atw apakah sampai dengan mendidih?,,, mohon pencerahann , satu lagi kang saya sblumnya menjemur BO di atas genteng di masukkan ke dalam plastik obat yg ditutup rapat yg di dalamnya trdapat minyak zaitun,,, apakah metode tersebut bisa dan efektif kang ??
    Sekali lagi mohon pencerahannya kang marlon...
    Terimakasih banyakk
    Best Regards BO lovers

    ReplyDelete
  32. terima kasih kang atas infonya.saya akan langsung coba.mudah2 bisa.terima kasih banyak kang

    ReplyDelete
  33. Mas kalau pada rough BO nya telah timbul jarong kemudian akan di bentuk sesuai keinginan dengan menggukan mesin ataupun manual, apakah akan mempengaruhi terhadap jarong nya sendiri atau tidak? Terimakasih.

    ReplyDelete
  34. Bang, Bo saya udah keluar jarong ruyung dan warnanya udah banyak, wlpun msih sdikit belum full dan masih di liat pake senter .. nah kalo pingin jarong nya full n tanpa senter gmn gan .? ap treatment slnjutnya ?

    ReplyDelete
  35. Selamat om marlon,salam kenal nih,saya mo nanya bo saya keluar warna kuning emas & titik seperti butir gula pasir,gmn cara merawatnya?mhn pencerahan & penjelasannya,sebelumnya thanks.om marlon.

    ReplyDelete
  36. Boleh nanya kang? Saya udah coba cassade treatment, lalu saya rendam air isotonik. Setelah 3 hari timbul titik2 biru semacam cairan yg keluar dari bahan BO nya, apa itu yg dimaksud jelly? Langkah saya selanjutnya apa? Makasih

    ReplyDelete
  37. proses nya berapa lama bos untuk mengeluarkan warna / jarong terimakasih banyak sebelum nya

    ReplyDelete
  38. assalamualaikum Bang, Bo saya udah keluar jarong ruyung dan warnanya udah banyak, wlpun msih sdikit belum full dan masih di liat pake senter .. nah kalo pingin jarong nya full n tanpa senter gmn gan .? ap treatment slnjutnya ?

    ReplyDelete
  39. Maap...Bang marlonnya kemana ya.lg asik ni bang tretment BO nya terusin bang porumnya

    ReplyDelete
  40. Siang boz..ane mo tanya ? Ane punya bahan bo kira kira 1 jengkal orang dewasa ..bahan sudah kelihatan coklat kemerahan n sudah mengkristal ..bagusnya di potong potong apa di biarkan utuh bgt ..soalnya ane kepingin punya BO gde ..he he mohon daranya boz? Terimakasih slam kenal agus coqy

    ReplyDelete
  41. Wah ada cara baru lagi nih untuk mengeluarkan jarong pada black opal, oiya saya ada pertanyaan untuk treatment ini, krna saya sudah melakukan treatment lain sebelum nya dan hasil nya tidak menunjukan hasil yg signifikan, treatment yg saya lakukan adalah merendam nya dengan baby oil yg dicampur dengan minyak kayu putih, lalu stiap pagi sampe sore batu saya jemur tanpa direndam di minyak campuran teraebut, ya sudah hampir 2 bulan lebih blom kluar jarong nya hanya getah nya saja yg kluar yg berbentuk garis" putih kebiruan, memang dalam waktu satu minggu sudah keluar jely atau getah nya, tapi sampe saat ini si getah blom berubah warna masih tetap putih, lalu berhubung si getah tidak berubah warna saya pun mengganti cairan minyak rendaman nya dengan baby oil yg dicampur dengan minyak urut dengan asumsi minyak urut lebih panas dibandingkan minyak kayu putih dan krna musim hujan waktu penjemuran juga tidak ada dan akhir nya saya taro di atas compresor kulkas albersama minyak rendaman agar panas tpi sampe sekarang tetap saja sang getah tidak berubah warna masih tetap putih kebiruan dan saya juga coba dengan 1 buah batu bo mengikuti saran dari salah satu teman yg hampir mirip dengan cara cascade tpi lebih extrim sengan cara saya goreng di minyak panas selama 15 menit, dan tetap saja getah tidak berubah warna malah yg ada batu crack dan terbelah, frustasi tidak membuahkan hasil saya coba dengan menggongsen atau black opal nya saya sangrai tanpa minyak hanya mengandalkan panas dari wajan batu tidak crak dan tetap getah pun tidak berubah warna

    yg jadi pertanyaan saya:
    apakah treatment cascade ini bisa dilakukan untuk batu saya yg sudah mengeluarkan jely atau getah?

    lalu apakah batu saya yg sudah mengeluarkan getah ini perlu dijemur terlebih dahulu?

    dan apakah penjemuran batu tanpa diolesi baby oil ( batu kering) tidak menyebabkan batu menjadi crack?

    Dan apa batu saya yg sudah keluar getah nya tersebut harus diamplas juga? Dan jika diamplas apa tidak merusak getah si batu yg sudah keluar?

    lalu rendaman lebih baik menggunakan babyoil yg dicampur minyak urut atau minyak kayu putih apa menggunakan air hujan?

    dan stelah melakukan treatment cascade ini untuk memaksimalkan atau membuat si getah ini mengeluarkan jarong apa harus di jemur apa lagi sekarang musim penghujan? Ada cara lain kah selain penjemuran...

    demikian mas marlon pertanyaan nya, mohon maaf mas terlalu banyak tulisan nya dan pertanyaan nya, tapi ya itu lah keluhkesah saya dan kefrustasian saya dengan teeatment yg sudah saya lakukan, dan rasa penasaran saya terhadap black opal krna saya juga suka dgm batu black opal terima kasih mas marlon sudah mau berbagi..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu menurut saya...
      D jemur dr pgi sore ckup membenarkan..
      Tpi pemakaian baby oil Dsb ..krng efektip..saya prnah sperti ga berhasil

      Delete
  42. Oiya mas marlo saya lupa menginfokan bahan bo saya ciri" nya masih kelihatan serat" kayu nya, terimakasih untuk tanggapan nya

    ReplyDelete
  43. Ia bang marlon saya juga punya BO, sugan ada jely nya wrna nya seprti kabut kebiruan, cara membuat si jely menjadi jarong butuh proses apa lagi, mhon pencerahana :)

    ReplyDelete
  44. Kalo punya saya sayarendem air bekas mobi 5hari dijemur satuhari satu malam ,olesi minyak jaitun jemur lagi , rendam lagi pake air aki , jarong Ωŷå pada nongol kyak jamur l

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Blognya bermutu keren lagi sip dah, bang klo ciri2 bongkahan B.o udah tua gimana yah tolong pencerahannya ,apakah bongkahan yng muda juga bisa timbul jarongnya?

    ReplyDelete
  47. punten kang numpang tnya
    apa treatment di atas bisa digunakan pada bahanan banten lain selain BO??bahanan yg saya pnya susu,teh,kristal dan ada bbrp BO yg msh dalam keadaan berlumpur.mohon pencerahannya kang krn msh awam.hatur nuhun

    ReplyDelete
  48. Klu jarongnya gk menyeluruh knp ya?
    Pdhl sdh mengkristal.... Ap di B.O juga ad istilah kendit?
    Makasih

    ReplyDelete
  49. bang, klo misalnya tuhh minyak pakai minyak goreng bisa kagak?

    ReplyDelete
  50. yth bang marlon.saya punya bahan bo sudah banyak getah jelynya di bagian luar.sudah kristal tapi jelynya bercampur lumpur kearas.apakah harus saya buang lumpur keras beserta jelynya.lalu apa yg harus saya lakukan trietmen selanjutnya.mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  51. Gan saya ingin berkonsultasi
    bongkahan saya sebesar 170mmx180x70mm
    Saya sudah melakukan treatment ini selama 1 mgg
    dan silica tidak kunjung muncul, malah menjadi jarong sebesar 2mm di tengah" bokahan membentuk garis panjang


    adakah solusi untuk saya ? Terima kasih.

    ReplyDelete
  52. Gan supaya bahan BO jadi porselin bagusnya di rendem pake air apa ya ?

    ReplyDelete
  53. stelah getah silika putih kebiruan muncul, langkah selanjutnya gimana om ???

    ReplyDelete
  54. Om mau nanya BO tembus senter ga?
    Soalnya saya punya batu kaya BO tapi tembus banyak bintik jarongnya dan ada beberapa yang udah berbercak warna


    Plise om tolong jawab yah

    ReplyDelete
  55. Pakai Air Kelapa Jenis APa Bro

    ReplyDelete
  56. Om Marlon sy sdh melaksanakan petunjuk treadmen dan dan bahan sdh keluar jely tetapi sekarang sdh jalan kurang lebih 5 bln belum juga keluar jarong

    ReplyDelete
  57. om marlon...sy punya bongkahan BO udah ada garis2 seperti laser putih...dan di garis laser itu ada wrn emas dan biru...langkah selanjutnya di treatment seperti apa yah yg terbaik...trm ksh..

    ReplyDelete
  58. Om marlonnya cape kayanya... Padahal lagi giat2 nya nyimak....

    ReplyDelete
  59. Terima kasih atas info yg berguna ini Bos...

    ReplyDelete
  60. Mas kalau BO jenis porselen gak bisa dengan minyak yg di panasin ya...itu apa hanya untuk yang BO sempur aja dengan di siram minyak panasnya....

    ReplyDelete
  61. Kang maaf sebelumnya, saya punya bahan B.O tpi masih ada kulit lumpurnya apakah harus d buka dlu..

    ReplyDelete
  62. Kang maaf sebelumnya, saya punya bahan B.O tpi masih ada kulit lumpurnya apakah harus d buka dlu..

    ReplyDelete
  63. Anonymous14 July, 2015

    kumpulan treat BO
    http://hobby-mengenalbatupermata.blogspot.com/

    ReplyDelete
  64. Ikut menyimak mas.
    Mau mencoba treatment ini, tapi berbahaya tidak?.

    ReplyDelete
  65. Mohon maaf numpang promo ane jual bahan bo n kalimaya yg dah jarong maupun yg blm.

    ReplyDelete
  66. No hp 087779206222 / 081310777755

    ReplyDelete
  67. Boleh ikut bergabung neh...
    Salam kenal,Salan Santun,Salam Jarong ..
    Saya mau bertanya boleh ?
    Saya pny Bo ada yg msh bhan,dlm keadaan kering,ketika d sorot ada titik nampak jarong ypi kuning... dan ketika d basahi minyak koq g ada ya...akan kah jarong keluar hanya pada layer jely...mhon info nya
    Tak luput buat bung marlo Saya Ucapkan Banyak Banyak TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  68. Salam jarong om marlon.
    Mau tanya nich, kalau sudah keluar jelly nya. Langkah apa berikutnya untuk mengeluarkan jarongnya.

    Terima kasing

    ReplyDelete
  69. Sdah kah ada yg berhasil..
    Klu saya sdah berhasil .. wlau pun br 2 titik hijau dan merah
    Salam jarong

    ReplyDelete
  70. mas mau nanya kalo udah keluar jellynya diapain lagi ya makasih.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam beberapa hari saja memang sudah bisa keluar jelly.
      Selanjutnya seperti biasa mas, direndam, sering digosok dan dijemur tiap hari.
      Terima kasih sudah mampir mas.

      Delete
  71. terimakasih atas infonya, sangat bermanfat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama boss. Silahkan baca artikel lainnya.

      Delete
  72. bang marlon.. ada akun FB nya gak?

    ReplyDelete
  73. malam kang marlon.. saya mau tanya... gmn proses setelah cascade mau ke tahap selanjutnya yg ldi jemur sambildi remdam air?

    ReplyDelete
  74. Pakai minyak wijen + inkaliptus + minyak kelapa..
    Posisi BO bnar2 kering.. Di rebus selama 3 jam api paling kecil..
    Di jamin langsung njarong..

    ReplyDelete

Terima kasih sobat sudah berkunjung di Hotline Terkini, Cara baru Berbagi Online, sekarang giliran anda berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Salam Blogger.