Cara memperlakukan batu permata Black Opal

Cara Baru Berbagi Online,  “Cara memperlakukanbatu permata Black Opal”. Kalimaya Black Opal, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita.Bagi pecinta kerajinan batu permata di seluruh Indonesia. Black Opal adalah jenis batu permata, yang berasal dari Banten di pulau Jawa bagian barat. Anda memiliki batu Black Opal ini?, kebanyakan para pencinta batu permata telah mengetahui dan memiliki batu dari Banten ini. 
Anda tahu cara merawat batu Black Opal ini?. Nah, pada posting kali ini saya akan membagikan kepada anda semua tentang bagaimana “Cara memperlakukan batu permata Black Opal”. 
Cara memperlakukan batu permata Black Opal
Sebelum ke pokok bahasan bagaimana “Cara memperlakukan batu permata Black Opal”, ada baiknya kita tahu bahwa karakter dari batu permata yang satu ini yaitu “Rapuh” alias mudah pecah. Ini disbabkan karena batu Kalimaya Blak Opal ini memiliki kandungan air yang tinggi. Jadi anda tahu harus bagaimana memperlakukan batu permata Black Opal ini kan?, iya hati-hati jangan sampai terkena benturan benda keras.

Setelah mengetahui karakter dari batu permata Black Opal ini, mari saya tunjukkan cara perawatan batu permata Black Opal, atau lebih tepatnya, “Caraagar batu permata Kalimaya Black Opal, segera keluar kembang. Atau bisa juga “Agar kembang Batu Kalimaya Black Opal, segera menjadi Jarong”. Setidaknya saya sudah berhasil membuat si kembang ini ditumbuhi kembang-kemban jarong yang sangat cantik, meskipun belum bisa dikatakan “Full!!”. Bagaimana, makin penasaran sobat?. Okay, langsung saja ke inti dari artikel ini. Dikarenakan Batu Kalimaya Black Opal ini mengandung banyak kandungan air, makanya dibutuhkan Air hujan untuk perawatan Batu Kalimaya Black Opal ini. Kalau anda susah mendapatkan air hujan, saya sarankan untuk menggatikan air hujan ini dengan Air Kelapa Hijau.

Caranya sebagai berikut :
1. Tempatkan Air hujan ke dalam gelas atau mangkok.
2. Masukkan Batu Kalimaya Black Opal kedalam gelas atau mangkok yg berisi Air hujan tersebut.
3. Jemur di sinar matahari selam kurang lebih 2 jam.
4. Simpan ditempat yang gelap dan suhu normal, misalnya di kolong meja, atau tempat yang tidak terkena sinar matahari atau lampu.
5. Lakukan langkah nomor 3 dan nomor 4, setiap hari. Sambil sesekali di periksa apakah sudah ada perkembangan.
6. Bersabar, sampai Batu Kalimaya Black Opal anda menjadi seperti yang kita inginkan.


Catatan tambahan :
1. Saat menjemur Batu Kalimaya Black Opal, air rendaman harus terkena sinar matahari langsung.
2. Setiap 7 hari (seminggu), poles dengan amplas halus dan bubuk intan. (Bagi yang belum tumbuh kembang sinar).
3. Bagi yang belum tumbuh kembang sinar, saya sarankan semua langkah diatas, dilakukan sebelum Batu Kalimaya Black Opal anda di bentuk. Setelah didapat titik-titik kembang, barulah dibentuk sesuai posisi yang dinginkan. Ini dimaksudkan agar bisa disesuaikan, yang sudah ada titik atau kembang sinar dibentuk untuk bagian atas Black Opal.


Pengalaman saya, untuk mendapatkan titik-titik kembang (sinar), saya memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan. Tentu saja ini dipengaruhi dari bahan dan type dari Batu Kalimaya Black Opal anda, serta treatment yang anda lakukan. Agar lebih cepat didapatkan titik-titik kembang (sinar), anda bisa menambah lama waktu jemur dari Batu Kalimaya Black Opal anda setiap harinya. 
Demikian tadi “Cara memperlakukan batu permata Black Opal” sesuai pengalaman yang saya lakukan. Bila ada cara yang lebih efektif dan lebih efisien daripada cara saya yang saya bagikan diatas, silahkan berbagi untuk teman-teman pecinta Batu Kalimaya Black Opal, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Cara Baru Berbagi Online, pada “Cara memperlakukan batu permata Black Opal”.
Giliran anda mengatakan tentang "Cara memperlakukan batu permata Black Opal".


Bagikan Artikel ini via :
Share on fb Tweet Share on G+

212 Responses to "Cara memperlakukan batu permata Black Opal"

  1. thanks infonya gan, baru tau mengenai batu permata ini...
    lama sekali ga mampir disini, semoga sukses dan bisa sering2 saling silaturrahmi...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sista Alya, baru mau aktif lagi saya nih.
      Terima kasih sudah mampir,.. hehehe say lagi suka sama kerajinan batu nih.
      Amin,. tentu saya akan sering lagi ke blog sista Alya Zahra, insyaallah.

      Delete
    2. gan sya mau tanya,, saya punya black oval sudah keluar titik cahaya warna hiijau,, tapi besok hari nya sya liat lagi sudah tidah ada. apa memang seperti itu gan?? trims

      Delete
    3. Ready stock black opal , JARONG sudah naik, tinggal gosok dikit, lalu naik ring.. harga mulai 300 rb sampai 3 jutaan , n ada juga yg 30 juta an... bisa hub saya di 0812 8435 7060 .. kalo ad bb bisa tukar pin bb utk kirim foto barang nya.. thanks

      Delete
  2. Batunya keren sekali mas ckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gambar diatas tersebut hanya contoh Batu Permata Kalimaya Black Opal yang sudah Full atau Jarong. Artikel yang saya buat ini, untuk proses agar cepat tampil kembang atau bintang sobat. Biasanya kembang/bintang yang keluar pertama kali adalah yang berwarna Merah, baru warna-warna selanjutnya. Setelah kita treatment dengan sabar dan tepat, diharapkan suatu hari nanti akan menjadi Jarong atau full yang nampak seperti gambar post di artikel ini.
      Salam kenal sobat. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini.

      Delete
    2. Gan..sy punya black opal yg sdh berbentuk batu cincin.tp blum di ikat..kembang nya msih sedikit..klu di lakukn perawawatn seperti di ats, gimana gan.apa hrus di gosok jg setiap minggu.posisi skang sudah halus..cuma kurang keluar kembang sinar nya.trims...

      Delete
  3. ane baru paham nih tentang batu begituan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Black Opal harganya tinggi sobat, hanya Bacan saingannya. Hanya prosesnya memang sulit.

      Delete
    2. Kalo ada yg minat batu black oval super banten bisa hubungin saya 081284357060 area bogor... stok ready harga mulai 700 rb sampai 2 juta utk cincin, liontin juga ada gan... thanks

      Delete
  4. Misi nih gan mo nanya... cara yang agan jabarkan di atas kan untuk opal yg masih bongkahan.. apakah bisa di pakai untuk opal yg sudah di bentuk...? Thanks ya gan atas infonya yg super..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya sama saja gan, mo yang bongkahan atau yng sudah di bentuk..!!
      Semakin tipis semakin cepat prosess nya gan..!!

      Delete
    2. Meskipun sudah di bntuk apakah juga d poles ama amplas hlus om.
      Maaf sya agak buta soal ini. Trims...

      Delete
  5. Iya gan Kali black ovalnya Sudan dbentuk Dan Sudah ada kembangnya tapi masih halus /titik2 kecil gmna perawatannya agar dapat timbul lebih jelas.....mksh invents

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan diteruskan, sering-sering di poles dengan amplas halus atau kulit. Jangan terlalu lama memolesnya. Dipoles dengan dibasahi minyak zaitun, atau urang-aring.

      Selamat ya sobat, saya senang kalau ada yang faham apa yang saya maksud di artikel ini.

      Delete
  6. Dijemur batu nya doang apa pake aer hujan nya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersamaan sobat, direndam air hujan dan dijemur. kalau sudah timbul bintik atau garis laser kecil, silahkan dipoles dengan amplas paling halus/kulit, kemudian diteruskan dijemur bersama air hujan. lakukan pemolesan seminggu sekali.

      Delete
  7. Om kalau pake minyak yg panas seperti Gpu itu boleh ga? Apa harus pake air saja? Banyak cara2 lain saya bingung, mohon pencerahannya :) terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menggunakan minyak GPU, hati-hati kelamaan, bisa mati proses (tidak mau proses lagi).
      Opsi ini mungkin lebih baik, setelah cara diatas : Treatment dengan panas, lebih baik menggunakan lampu bolam 10W, jarak lampu dengan batu-batu black opal kira2 5cm, dengan cara batu dilumuri minyak zaitun, urang-aring, atau sejenisnya. Setiap minyak sudah kering dari badan batu, dioles lagi dengan minyak zaitun (bisa dengan kuas, agar rata).

      Kalau sudah timbul bintik atau garis laser kecil, silahkan dipoles dengan amplas paling halus/kulit, kemudian diteruskan dijemur bersama air hujan. lakukan pemolesan seminggu sekali.

      Selamat mencoba kembali, dengan bahan yang baru. (Semakin tipis semakin cepat proses).

      Delete
    2. pak bos,kl saya rendam pake cuka+garam gimana?
      many thanks pak bos

      Delete
  8. Yth agan marlon gan saya beli bahan black.opal.tapi saya ragu karna bongkahan black opal.yg saya beli tidak mirip batu sama sekali.melainkan.mirip kayu arang dan klw di lihat dari bentuk nya kaya ranting dan berat nya juga sangat ringan apa saya di tipu? Atw memang bahan blackopal seperti itu mohon agan berkenan untuk.memberi sedikit pencerahan trimakasih.wasalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yth, Cedrix Chantiago, iya itu type sepah atau sempur. Biasanya berasal dari bagian ranting yang terendam lumpur lahar bertahun-tahun.

      Agan Chantiago tidak tertipu. Karena yang saya tahu ada 2 macam bahan Black-Opal dari pohon Kalimaja(Kalimaya), yaitu CORAL (dari batang utama), SEPAH/SEMPUR(dari ranting).

      Ada juga yang saya tahu, dan pernah membuat, pesanan teman (bahan dari teman), adalah batu Black-Opal dari pohon Kelor. Ini mungkin akan jarang sekali/langka. Dan kita tidak bisa berharap akan ada, karena Kalimaya Black-Opal terjadi karena letusan Gunung Krakatau.

      Delete
    2. Black Opal yang mirip ranting.. sebenarnya itu adalah black opal yg paling tinggi qualitasnya.. kaya akan jarongnya yg mengagumkan.. pilih ranting yg bisa di bentuk dan di pasang pada cincin..

      Delete
  9. Replies
    1. yuups,. bagus untuk pecinta Kalimaya Black Opal. Sedikit berbagi pengalaman langsung, lebih berguna daripada dengar atau baca dari sumber yang "kajol" kagak jelas kebenarannya.

      ini artikel saya tulis dari pengalaman saya langsung. Memang saya baru bisa menjual 2 buah hasil riset pribadi, susah payah saya mendalami Black Opal. Saya cinta black Opal.

      Delete
    2. kalo batunya retak parah bisa sembuh ga

      Delete
    3. Walaupun pada saat menjelang keluar titik kembang warna, biasanya dimulai dengan tanda retak atau paut, kalau keretakan disebabkan bukan karena proses dari black Opal tersebut, tentu saja sia-sia kalau dilanjutkan. Untuk mencegah terjadi demikian, seharusnya rutin dikontrol dan dirawat.

      Anda bisa mulai lagi dengan bahan yang lain. Selamat mencoba lagi.. (Saya dan team saya sendiri masih minim pengalaman. Karena tidak ada jaminan semua treatment akan berhasil).

      Delete
    4. Saya pnya kalimaya bunglon msh blm jarong sya rendem pke minyak gpu qo mlh jdi retak2 n kembangnya ilang? Lw blh tw gmn crapnya untuk ngembaliin kembang n ngilangin retaknya?

      Delete
    5. Treatment kan proses, di saya banyak kok bahan yg sudah berJARONG , harga variatif mulai 300 rb sampe 20 juta
      .. klo mau lihat batu batu black opal nya bisa hubungi ke nomor saya.. 0812 8435 7060,

      Delete
  10. Batunya indah. Unik terlihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain batu Bacan, Kalimaya Black Opal pilihan saya.
      Bacan bahannya mahal.
      Kalimaya Black Opal bahannya masih banyak.
      Kalimaya Black Opal "Unique" walau paling sulit perlakuan prosesnya. Diperlukan kesabaran tingkat tinggi, setidaknya setengah tahun paling cepat dari bahan (rough) sampai timbul titik warna, atau garis laser.

      Delete
  11. Klo ane di saranin di rendem pke baby oil gan. Bener ga itu ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba, tapi dari data yang saya dapat dari riset pribadi dan team kecil, bisa saya simpulkan : "Bisa".

      Silahkan padukan dengan "treatment hangat", Treatment dengan panas, disinari panas menggunakan lampu bolam 10W, jarak lampu dengan batu-batu black opal kira2 5cm, dengan cara batu dilumuri minyak zaitun, urang-aring, atau baby-oil. Setiap minyak sudah kering dari badan batu, dioles lagi dengan minyak tersebut (bisa dengan kuas, agar rata).

      Kalau sudah timbul bintik atau garis laser kecil, silahkan dipoles dengan amplas paling halus/kulit, kemudian diteruskan "treatment hangat" nya.

      Lakukan pemolesan seminggu sekali. Ingat semakin tipis batu, semakin proses bisa dimaksimalkan.

      Delete
  12. ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ bgd atas infonya gan ,sangat bermanfaat bagi pecinta BO seperti saya ..

    ReplyDelete
  13. Jadi klo dr bahan sepah kayu,bs brapa lama keluar sinarnya? Mohon infonya om thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua black opal lokal Banten, boleh dibilang adalah sepah kayu. Berasal dari kayu Kalimaja (Kalimaya) yang tersapu lahar Gunung Krakatau, dan terpendam di lumpur dalam waktu yang sangat lama.
      Seberapa lama akan keluar sinar, tergantung posisi keberadaan saat terpendam lumpur bekas gerusan lahar, umur kayu saat terjadi letusan gunung Krakatau, seberapa sepah tersebut mendapat sinar matahari melalui pori-pori tanah/lumpur, seberapa dalam posisi terendam dari permukaan tanah. Jadi kesimpulannya, seberapa lama, susah diprediksi. Akan lebih bagus kalau kta mendapatkan bahan black opal tersebut dari dalam sungai yang cukup sinar matahari. Itupun belum tentu semua bisa keluar sinar. Tergantung hal-hal yang saya sebutkan diatas. Mudah-mudahan bisa dimaklumi jawaban saya ini.

      Delete
  14. 1.Apa bedanya b.opal afrika..ethiopia..banten ...dan dyed opal.. tolong petunjuk ciri2nya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari komentar sobat Nadinadi, saya menangkap bahwa sobat tahu lebih banyak ketimbang saya dan team. Saya perjelas lagi disini kami sekedar berbagi pengalaman yang cuma sedikit. Apa yang pernah kami lakukan, kami catat kemudian kami bagikan. (baru sedikit yang kami tahu).

      Black Opal dari Afrika, kembang sinarnya mengarah ke warna dominan Hijau, dan tidak bisa Full-Color seperti Indonesia (Banten) punya, yang punya warna pelangi lengkap, termasuk warna Ungu/Violet. Kalau Opal Ethiopia saya pribadi belum pernah lihat atau lihat fotonya bahkan. Fire Opal (Mexico Opal) warna kembang dominan Merah/kemerahan.

      Kalau istilah Dyeing itu adalah proses pemberian warna pada batu mulia. Treatment ini biasa dilakukan pada batu-batu seperti Giok / jade, lapis lazuli, turquoise, agate/akik, ruby, Zamrud, and safir. Sepertinya treatment ini tidak cocok untuk BO. Akan tetapi karena perkembangan technologi ini bisa saja, BO yang melewati proses pemberian warna.

      Istilah treament yang cocok untuk BO mungkin, : a. Heat treated=treatment dengan pemanasan. dimaksudkan untuk mempertajam warna, bahkan merubah warna. b. Irradiated treat= yaitu treatment dengan radiasi partikel atau penyinaran. Treatment dengan Radiasi ini harus disempurnakan dengan Heat treat agar warna lebih tajam.

      Harap maklum, jika jawaban Soal anda tak mampu kami jawab dengan fakta yang benar.
      Terima kasih sudah berkunjung di HOTLINE TERKINI.

      Delete
    2. maaf boss kalo balck opal dari bogor bisa keluar jaorong apa tidak.
      mksh sheringnya

      Delete
  15. Mohon info cara treatment batu sempur dari bahan mentah hingga keluar warna. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel diatas adalah salah satu perlakuan, perawatan BO agar cepat keluar titik kembang warna mas Dimas. Masih banyak opsi lain, seperti yang team kami sedang trial yaitu dengan "Heat Treat" atau treatment dengan panas/hangat.
      Kami melakukan Heat-treat ini menggunakan lampu bolam 10W, jarak lampu dengan batu-batu black opal kira-kira 5cm, dengan cara batu dilumuri minyak zaitun, urang-aring, atau sejenisnya. Setiap minyak sudah kering dari badan batu, dioleskan minyak lagi.
      Akan lebih bagus bila jangan sampai kering, karena ditakutkan dehidrasi kemudian benar-benar retak. Kelemahan BO yang paling mencolok adalah hubungannya dengan kadar air. Kalau BO dibiarkan kering, ia akan retak ...

      Delete
  16. maksudnya direndem pake air hujan sambil di jemur,begitu gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Raja, Itu adalah salah satu perlakuan, perawatan BO agar cepat keluar titik kembang warna. Masih banyak opsi lain, seperti yang team kami sedang trial. Tapi saya masih yakin dengan cara ini.

      Delete
    2. Marlon mau tanya klo bacan doko ngerawat nya gimn ya tolong kasih petunjuk nya dong . Tq

      Delete
  17. sama pengalaman saya dgn bang cedrik cantiago..saya pikir setelah..di gosok batu nya langsung keluar jarong..sudah berkecil hati saja saya..#abis nya udah kaya arang kayu bakar..tp ternyata...ada teknik nya toh..maklum newbie gan..
    makasih posting nya agan marlon..salam pecinta batu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Tio Dwianto, Salam BO.
      Saya dan teman-teman pecinta BO baru mempelajari BO. Pengalaman dan pengetahuan masih sangat minim. Tapi mudah-mudahan bisa kami bagikan atau bisa jadi artikel ini kita Update, jika ada temuan atau fakta baru dari team kami.
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  18. Ciri2 black opal asli gmana gan?kl dsenter transfaran ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Black Opal atau Kalimaya Hitam dari Banten, kalau disenter tidak tembus. Tidak seperti Kalimaya kopi yang kalau disenter tembus.

      Delete
  19. Mohon ijin share gan ,setau saya kalo BO banten tidak tembus cahaya sama sekali ,sedangkan afrika apabila terlalu lama direndam akan tembus cahaya merah/ijo kalo di senter dan kembang pun akan hilang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sobat Dimas Rubiyanto. Setelah saya Googling memang benar sekali, yang sobat katakan.
      Salam.

      Delete
  20. Jika menggunakan lampu terlalu panas, misalnya 500 w, apa berpengaruh pada bahan bo yg dilumuri minyak zaitun. Tq. Mohon infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan sobat Dimas Ramadan coba, setelah 3 hari proses treatment seperti itu, check dengan Zoomer/kaca pembesar. Hehe... bukan hanya dehidrasi yang BO dapat, tapi bila saja BO bisa bicara, dia akan "Minta Ampun"...hehehehe.

      Delete
  21. maav gan.. ane punya bahan BO, baru saja tadi sore dipecah, sisanya partikel kotak" kecil belum saya bentuk, tapi yang 3 sudah saya bentuk,, pertanyaannya, apakah yang partikel mentahan yang sudah di belah kotak kecil dan yang sudah dibentuk bisa mengeluarkan jarongnya? mohon bantunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yakin partikel mentahan yang sudah di belah kotak kecil dan yang sudah dibentuk bisa mengeluarkan jarong/titik kembang. Hanya saja perlu waktu yang mungkin sangat lama. Saran saya lebih baik sambil di treatment/rawat pecahan tersebut, mas Yanuar Imam merawat juga bahan yang berasal dari ranting atau akar, karena ini akan lebih cepat dibanding pecahan tadi.
      Semoga dapat menjadi pertimbangan.

      Delete
  22. Saat menjemur Batu Kalimaya Black Opal, harus terkena sinar matahari langsung....????

    Preservation and Handling of Opals
    Opal is a "living" stone, which means it must be protected from heat and detergents that "dry" the gem.
    Opals develop crazing if they are allowed to dry out.
    Heat treatment is catastrophic!!
    In addition to cracking, loss of water causes loss of irridescence.

    Source :
    http://www.opalauctions.com/learn/opal-information/black-opal-brightness-and-pattern-charts

    maaf gan...mohon penjelasannya dari artikel anda yang sangat bertolak belakang dari artikel yang saya tau...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bung Ponco saya hanya ingin sedikit koreksi.
      kalo saja anda perhatikan lagi apa yg dimaksud dengan bung Marlon adalah "Saat menjemur Batu Kalimaya Black Opal air rendaman harus terkena sinar matahari langsung". berarti menjemur black opal tersebut didalam air rendaman. tidak secara LANGSUNG TANPA AIR RENDAMAN. dan itupun hanya berlangsung selama 2 jam saja. jika menjemur black opal terkena matahari langsung tanpa air rendaman atau tanpa di olesi minyak zaitun/baby oil jelas akan membuat black opal tersebut CRACK. saya sudah mencobanya dan saya menyarankan menjemurnya di saat pagi hari antar pukul 7-10 pagi.
      Best Regards.

      Delete
    2. Sebetulnya ketidak setujuan sobat Ponco adalah benar. Masalah ini terjadi saat saya menyunting artikel ini, dikarenakan ada beberapa kata yang saya rasa tidak pas. Tetapi apa yang terjadi?, entah karena koneksi atau hal lain, malah ada paragraf yang hilang. Sepertinya karena saya sering berpindah antara mode "Compose" dan mode HTML. Artikel awal, bisa sobat lihat di Halaman Hotline Terkini, di Facebook.

      Tapi intinya, "Bekerja dengan panas adalah 'Bencana' bagi B.O ". Saya sangat setuju.
      Walau ada sebagian teman pecinta B.O yang nekad melakukan "Heat Treatment" secara berlebihan. Walau bisa memaksa B.O tetapi B.O sendiri 'sekarat', tidak bisa proses lagi alias mati.

      Terima kasih sobat Ponco Niswanto atas kritik dan kepedulian sobat kepada kami pecinta B.O.
      Terima kasih juga kepada sobat Doddy Rossoneri, telah bersedia berpartisipasi, meluruskan, demi kita semua pecinta Black Opal.

      Salam Black Opal

      Delete
  23. Mohon penjelasanny pak, apakah sblm warna terlebih dahulu bintik putih dan garis putih pada batu bo. Saya ada bahan yg sdh keluar bintik putih dan garis putih setelah direndam dan dijemur. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sobat, bintik bronze itu adalah jelly/getah yang sudah ke permukaan. Agar semua jelly keluar ke permukaan semua, silahkan baca : "Cascade Treatment".
      Cascade Treatment ini sebetulnya langkah awal sebelum perawatan Black Opal rutin.
      dan setelah jelly keluar ke permukaan Black Opal, silahkan lakukan perawatan seperti yang sudah sobat lakukan. Terima kasih, semoga membantu.

      Delete
    2. Sy punya black opal sudah keluar jelly warna biru .cara perawatan gimana gan

      Delete
  24. Om marlon, mw tanya,, jemur black opal dibawah mataharinya pakai air apa kering?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai air hujan dong say. Air kelapa lebih bagus. secukupnya saja. Diamplas dulu sobat.
      Kalau tanpa air, jangan lama-lama. Kasihan kalau sampai si silica-silicanya menderita dehidrasi, apalagi sampai mati.

      Delete
  25. Makasih infonya ya...artikel good bngt ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sobat, sudah berkunjung. tunggu kunjungan balik dari saya.

      Delete
  26. Agan marlon,mohon infonya kalau misal gak ada air hujan dijemur pake air biasa bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sobat, tapi proses mengeluarkan getah/jelly ke permukaan mungkin akan lebih lama dibanding bila menggunakan air hujan atau air kelapa hijau.

      Delete
  27. Gan..mau nanya nih, apakah semua batu BO sama ?mksdnya mengeluarkn kembang, krna BO yg saya punya warnanya hitam pekat tp ada serat emas nya. TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena berasal dari jenis pohon yang sama yaitu pohon Maja,(Kalimaja/Kalimaya). Kalau ada serat emas, itu mungkin saat pertumbuhan pada tahun di lingkaran diameter batang/daham/ranting pada saat itu dia mengalami proses sedikit diluar keadaan normal.

      Tapi pada intinya sama. Kalau Black Opal sobat masih mempunya jelly atau getah, kemungkinan besar masih bisa berproses menjadi kembang warna.

      Delete
  28. Gan marlon.... mo tanya saya pnya batu kalimaya warna hitam klo disenter dr atas sudah keluar warnanya merah,hijau,ungu..cmn klo disenter dr bawah ko ga kluar warnanya ya... yg saya mo tanya itu jenis kali maya apa ya gan marlon... mohon pencerahanya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baguslah itu kawan, bahkan ada kembang warna ungu. Warna khas Black Opal indonesia (Banten).
      Tentu saja yang diharapkan adalah keluarnya kembang warna pada permukaan atas, bukan sebaliknya. Ini yang diharapkan kawan. Selamat kawan, silahkan dirawat lagi sampai menjadi "Jarong" atau bahkan "Selon".

      Delete
  29. Gan saya mau tanya. Saya baru bli bahan bo 25 kg. Bahan nya berat. Warna hitam pekat agak kemerah2 han gitu gan cara merawat agar bo saya lbih bgus gi mna gan . Mohon info ya thanks . Salam bo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam B.O sobat.
      Bahan Black Opal yang hitam pekat dan berat, ini kemungkinan besar berasal dari bagian batang. Tentu saja bahan dari batang akan mempunyai berat yang lebih dibanding dahan apalagi ranting. Bahan kelas ini saya kategorikan kedalam "CORAL" atau bahkan "PORSELEN".

      Coral, porselen mempunya ciri-ciri : padat, solid, berat dan keras (mengkristal). Untuk itu bahan Black opal yang sudah mencapai kekerasan setingkat porselen/kristal, akan mudah pecah bila jatuh. Hati-hati memperlakukan bahan tipe ini. Ini bagai baja yang sudah memiliki kadar Carbon yang tinggi. Tajam dan regas bila dibentur dari arah tertentu.

      Mohon dilihat dengan kaca pembesar, apakah pada bahan solid yang sobat punya, terdapat jelly/getah. Bila iya, ini bisa di treatment. Tapi jika tidak, saya sarankan untuk dijual kembali, karena akan sulit sekali membuat Black opal macam ini menjadi keluar kembang warna.

      Delete
  30. terima kasih infor masi berharganya pak, saya akan coba terhadap kalimaya black opal saya :)

    sy jg punya bahan kalimaya sesu atau yg bening, apakah perlakuan yang sama untuk memunculkan kembangnya pak?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kawan, perlakuan kepada batu Kalimaya pada dasarnya sama. Untuk tipe Kalimaya Susu akan lebih mudah. Karena lebih kuat.
      Silahkan oles minyak kelapa saat dijemur. Saat ditaruh, oles minyak kelapa dan bungkus dengan kapas atau tisu.

      Delete
  31. Permisi mas marlon, sy mau tanya utk air hujan nya apakah hrs dignti stiap hri atau tdk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu diganti sobat Leo. Kecuali sudah kotor atau stock air hujan sobat banyak.
      Air hujan bagus untuk proses mengeluarkan jelly secara alami, Natural.
      Jelly yang secara Natural keluar ke permukaan Black Opal, akan menjadi kembang warna yang sangat cantik. Tak ada yang seindah Black Opal NATURAL.

      Delete
  32. Maaf gan, saya mau tanya, saya beli batu sama teman, warna hitam dan ada beberapa jentik warna perak, katanya black opal cuma blm keluar jarong nya, apa benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Titik-titik warna perak/putih itu adalah jelly/getah black opal yang sudah naik ke permukaan. Perjalanan masih jauh untuk sampai ke "Jarong".

      Silahkan baca Cascade-Treatment awal perawatan Black Opal, lalu baca lagi artikel ini.
      Baca juga jawaban-jawaban saya kepada pertanyaan-pertanyaan sobat pecinta Black Opal lainnya.

      Semoga membantu. Salam B.O

      Delete
  33. Maaf mau tanya mas , dipoles pake amplas halusnya itu sesudah keluar kembangnya atau dari awal mulai perawatan ? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah keluar kembang warna dan sobat khawatir hilang kembang warnanya, silahkan poles dengan kulit. maksud dari poles sebelum tiap proses adalah untuk memberi hangat agar pori-pori Black Opal membuka, sehingga proses treatment akan maksimal.

      Delete
  34. Kira kira berapa lama gan peroses jadi.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tergantung Bahan, Cara Treatment, Intensitas perawatan, jadi banyak faktor yang mempengaruhi sampai Black Opal keluar titik-titik kembang warna, Jarong, sampai Selon.

      Oh iya sobat, satu yang saya alami dan sering diluar teori dan praktek treatment. Black Opal ini memang seperti burung, atau benda pusaka. Boleh saja anda percaya, tidak pun wajar.

      Jadi kita tidak bisa mengatakan didepan, kapan, berapa lama?. Yang bisa kita lakukan hanya usaha mempercepat proses dengan cara yang masih bisa dibilang "Natural".

      Saya tidak pernah menyarankan cara-cara treatment yang keras, radikal, extrim. karena hasilnya tak bagus, kembang warna dan warna body B.O bukan seperti Black Opal yang Natural.

      Delete
  35. Maaf om...kl di rendam pakai air biasa boleh ga..trus knpa harus air hujan ato kelpa hiaju..
    Trims....

    ReplyDelete
  36. Mau tanya bos sy punya batu BO sdh kluar titik merah tp d senter dr bawah batu agak tmbus wrna ny merah

    ReplyDelete
  37. Th'ks infonya gan
    Mudah2an bermanfaat buat semua pencinta bo

    ReplyDelete
  38. Misi gan mau gabung ni...
    Ane punya 2 batu x maya..kata teman2 black opal yg satunya hitam tembus kalau di sorot..kembangnya gede2 gan satunya rada kebiru-biruan ga tembus kalau di sorot...ane bingung yg asli yg mana? Mohon arahannya gan

    ReplyDelete
  39. Misi gan...gimana cara bersihkan noda minyak kayu putih pada black opal gan...mohon petunjuk

    ReplyDelete
  40. Permisi gan. Mau tanya saya ada bahan black opal yg ssy coba proses. Dari mulai polos hingga muncul bintik2 putih ada juga bintik seperti pasir emas. Apa itu proses perubahan normal hingga muncul warna atau malah gagal proses. Ty agan

    ReplyDelete
  41. Sy ada bahan spah kelor apa nanti bisa jadi BO mohon pencerahan ny trims

    ReplyDelete
  42. Kalo udah saya rendam minyak bayi+minyak telon apa harus dijemur juga ?

    ReplyDelete
  43. Bagusnya prawatan sudah di bntuk pa masih baha gan. Trims

    ReplyDelete
  44. Gan kalo BO saya, saya rendam sama minyak bayi dan dicampur minyak telon. Tp saya bisa sempat jemurnya hanya hari sabtu dan minggu. bintik2 putihnya sdh keluar gan. Apakah itu pertanda sebentar lg jd ?

    ReplyDelete
  45. Gan kalo ane perawatan BO punya ane pake minyak jaitun sama minyak kayu putih...tapi tumbuh kembang nya cepet juga gan...

    ReplyDelete
  46. misi gan ane mau tanya klo bahan BO nya masih ada kulit luar atau kulit batang pohon ny apa tetap d amplas/poles gan???
    makasih atas respon ny gan.
    salam pecinta B.O

    ReplyDelete
  47. gan kalo dirawatnya pake minyak zaitun trus dijemur gimana gan?

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum agan marlon, ane mw tanya,
    Ane punya batu black oval, terus ane rendem di minyak kayu putih, tp BOnya berubah putih kristal tembus belum full. Klo menurut agan di terusin apa di stop??
    Terima kasih sebelumnya agan marlon.
    Assalamualaikum.

    ReplyDelete
  49. Gan ane mau tanya nih tentang BO nya
    kalo ane rendem pake air biasa/minyak zaitun trus di jemur beberapa hari itu gmn gan?mohon pencerahan nya trimakasih.

    ReplyDelete
  50. Semua ini tentang Black Opal kan gan?.
    Treatment macam ini sudah terbukti apa belum gan?. Maaf.

    Tapi saya perlu lakukan percobaan untuk BO saya. Terima kasih atas infonya.
    Salam blogger.

    ReplyDelete
  51. saya coba bahan B O direndam 1 hari dengan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kemiri lalu di goreng dengan api yang kecil saja eee... banyak yang timbul jarong terutama B O yang dari bahan ranting.. semoga bermanfaat bagi yg ingin coba .... ini hanya sekedar info..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiga jenis minyak itu dijadikan satu gan...
      terus berapa lama kita gorengnya...
      thanks

      Delete
  52. gan sya punya batu warna hitam mengkilat tanpa serat tidak tembus..tpi ada bintik warna emas sama hijau muda mengkilat..apa itu bahan BO,,tpi ada temen yg bilang batu kecubung tanduk..

    ReplyDelete
  53. Salam kenal buat admin dan semua! Waaah terima kasih buat info nya.. sy mau mencoba sangat berguna info

    ReplyDelete
  54. permisi gan admin, ni mau nawarin kalimaya banten kembang jarong 10 biji 500rb aja nego
    boleh pin nya. 52D23538

    ReplyDelete
  55. Sore sobat... Apakah perlakuan atau treatment di atas hanya untuk black opal saja? Kalo untuk yg susu, crystal, kopi, dan teh bagaimana?

    ReplyDelete
  56. Salam kenal All
    Ada yang tau tempat jual bahan BO yang berkualitas?
    Mohon infonya ya kawan
    756FD5A3

    ReplyDelete
  57. Super sekali,, BO saya sudah matang dan jarong berkat threat ini.. terimakasih

    ReplyDelete
  58. Dear Admin,
    Numpang berbagi informasi..
    Untuk yang minat bahan Batu kalimaya banten bisa kontak saya di 0857 2060 5240
    Terimakasih

    ReplyDelete
  59. Sekedar info...klo ada yg btuh black opal berkualitas bs brkunjung ke alamat perum amarapura serpong blok c5_1 batu solar juga ada...asliiii gan.thank

    ReplyDelete
  60. Ada yg bilang air hujan nya bisa d ganti pake minyak kayu putih yg sdh di campur sama minyak baby oil,apa betul bisa?ma kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  61. BO yang sudah jarong atau kembang nya. .klo digrenda ulang apa msih ttp jarong bro.?

    ReplyDelete
  62. Air hujan bner kang tp itu proses kedua, ada proses sblm menggunakan air hjan... Gan admin andri mau iklan PIn y? Khusus peminat Kalimaya Banten aja, makasih gan admin, sukses untuk semoa komentator
    Pin, 51D23538, aslinya paling murah kang. Dari Karawang.

    ReplyDelete
  63. Ass gan ,,,, naya gan ,,,, saya punya batu bening ,, setengah bawah tipis seperti kaca tisak tembus ,,, setengah atas bening berwarna warni seperti pelangi klw kena sinar ,,, itu assli gk ya ? Nama nyh apa ??

    ReplyDelete
  64. Gan saya mo tanya nih kali maya saya kalau di direndam beberapa hari ko jadi bening tapi kalau sudah diangkat dari air dia akan kembali menjadi putih seperti susu kenapa ya gan...

    ReplyDelete
  65. Ijin brtanya....klo dh kluar jrong trus dbntuk pke gerinda bsa bkin jrong.y ilng g?

    ReplyDelete
  66. Ijin brtanya....klo dh kluar jrong trus dbntuk pke gerinda bsa bkin jrong.y ilng g?

    ReplyDelete
  67. Malam bang.. ijin tanya apa black opal bs geser layar sentuh jg..

    ReplyDelete
  68. Gan..ane punya banyak bahan black opal ane dah treatment pake air hujan,kelapa ijo,zaitun,pocari.sweet tp.belum keluar jarong jg..itu udah ane lakukan selama 4bln..termasuk jemur jg...itu knp ya gan ko bs lama sekali keluar jarong nya apa karna terlalu sering gonta.ganti.air.rendamannya atau kenapa?

    ReplyDelete
  69. ane punya bahan BO banten yang baru ane beli gan
    tapi masih banyak tertutup lumpur keras
    ada treatment cepatnya g ya gan untuk pemisahannya selain dikikis

    dan ada beberapa didalamnya berbentuk seperti kristal susu disenter tembus dan ada juga beberapa yang terdapat bintik atau serat seperti emas
    itu namanya apa ya gan
    mohon pencerahannya trims

    ReplyDelete
  70. Gan ane mau nanya harga bongkahan black opal biasanya berapa?

    ReplyDelete
  71. sangat bagus infonya... salam jabat erat om.

    ReplyDelete
  72. Gan maaf kalo misalnya di embun gitu gapapa?

    ReplyDelete
  73. Dalam seminggu saya rendam dengan air hujan, memang keluar putih-putih, getah ruyung. Tapi belum keluar kembang warnanya om?.

    Bagaimana mengeluarkan kwmbang warnanya?. Mohon bantuan.

    ReplyDelete
  74. ijin nyimak dulu gan sekalian CTRL+D...
    btw, dah lama ga mampir sini gan, makin keren aja blognya ni...:D

    ReplyDelete
  75. Admin.. mw tanya dong.. sy punya bo body cling sudah di bentuk.. tp sy rawat 2bln blm ada kembang.. yg ada cuma ky serat halus ky kulit manusia gt.. itu kira2 msh bsa kluar kembang ap tidak?

    ReplyDelete
  76. Bang ciri-ciri bo yg sudah mati atau tidak bisa berkembang lagi gimana, bisa dikenali tidak ciri" nya.. makasih atas infony. Mf saya masih newbie

    ReplyDelete
  77. misi gan, salam kenal....
    saya mau tanya, apakah bahan sempur black opal sebelum direndam harus dibersihkan dulu dari tanah yang menempelnya?
    makasih

    ReplyDelete
  78. Ikut menyimak dulu gan, Sebenarnya saya suka sekali Black Opal. Tapi biasnya saya beli jadi. Jadi tidak perlu mentreatment bahan Black Opal agar keluar warna.

    Selain air hujan, air kelapa, air isotonik bisa nggak gan?.

    ReplyDelete
  79. misi kang. . pakai air 02 apa bagus jugaa kang ? terus katanya setelah direndam & jemur ,tiap 1 minggu harus di rendam sama minyak zaitun ? apa benar seperti itu ?

    ReplyDelete
  80. para juragan,dah coba rendem black opal pake aer cuka sama garem blom??

    ReplyDelete
  81. Gan numpang tanya...yang dimaksud garis laser seperti apa ya...sya punya BO...belum da kembangnya...tapi kalo di senter dari bagian bawah..terlihat ada tembusan titik titik warna emasnya..itu pun gak full body...cuma sekitar pinggiran...BO nya saya rendam pake baby oil di campur minyak kayu putih

    ReplyDelete
  82. Mas kalau di rendam dengan minyak zaitun apa tidak apa2 mas? Dan penjemuran minimal berapa jam ya kl di rendamnya pake minyak zaitun??

    ReplyDelete
  83. Halo mas,apakah cara ini bisa jga buat batu kalimaya cristal.

    ReplyDelete
  84. Ikut nyimak gan...kalau boleh tau ni gan, bisa ga kalau proses pemanasanya d ganti pake hit elektric? Mohon penjelasanya gan...soalnya ane newbe...

    ReplyDelete
  85. gan kata'a black opal, ada juga yg pake minyak ya,,?

    trus kira" minyak apa ya biar cepet tumbuh jarong.

    trima kasih.

    ReplyDelete
  86. Maaf gan mau tanya klu merendam BO mengunakan minyak zaitun bagai mana gan,, apa kan bisa keluar kembang atau pun sinarnya,, makasih atas jawabpanya,,

    ReplyDelete
  87. maaf gan mau tanya,,batu sy warnya hitam di dalamnya ada warna biru brsinar,,itu ciri black opal bkn ya gan,,thanks

    ReplyDelete
  88. Gan apakah BO hanya ada di Banten kalo di Indonesia? Masalahnya disungai daerah saya banyak ditemukan batu posil mirip BO

    ReplyDelete
  89. Gan apakah BO hanya ada di Banten kalo di Indonesia? Masalahnya disungai daerah saya banyak ditemukan batu posil mirip BO

    ReplyDelete
  90. Kalau menggunakan minyak yang lain bisa gaa? minyak kayuputih kan hangat,gimana kalau menggunakan minyak GPU, kan panas banget, kirakira bisa nggak ya mas?

    ReplyDelete
  91. Permisi gan, mau tanya. Saya punya batu BO yang masih berbentuk bongkahan. Langkah awal yang saya harus lakukan biar batu tersebut keluar jarong bagaimana? Mohon penjelasan, maaf pemula. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan zaitun lalu dijemur gan dr jam 7~10 pagi, waktu hasilnya relatif gan

      Delete
  92. informasi yangsangat bermanfa,at bagi saya!!!salam B.O

    ReplyDelete
  93. Om marlon emang ok ane salut ngak pelit ilmu sekali lg makasih om

    ReplyDelete
  94. Om marlon emang ok ane salut ngak pelit ilmu sekali lg makasih om

    ReplyDelete
  95. Numpang lewat nih gan,, saya ada BO tpi belum jadi alias masih bongkahan, trus ada yg ngasih saran biar cepat keluar jarong dgn cara d rendam baby oil yg udah di campur tembakau atau bako disimpan di toples trus tutup toplesnya d bolongin dikit biar ada hawa,, saya pun gak tau entah bagaimana nanti jadinya,, yg ingin saya tau apakah agan2 disini ada yg sudah pernah ngejalanin cara-cara saya diatas..? Dan bgaimana jadinya. mohon di komentari .
    Terimakasih dan harap maklum.

    ReplyDelete
  96. Numpang lewat nih gan,, saya ada BO tpi belum jadi alias masih bongkahan, trus ada yg ngasih saran biar cepat keluar jarong dgn cara d rendam baby oil yg udah di campur tembakau atau bako disimpan di toples trus tutup toplesnya d bolongin dikit biar ada hawa,, saya pun gak tau entah bagaimana nanti jadinya,, yg ingin saya tau apakah agan2 disini ada yg sudah pernah ngejalanin cara-cara saya diatas..? Dan bgaimana jadinya. mohon di komentari .
    Terimakasih dan harap maklum.

    ReplyDelete
  97. Klo bo sepah/sempur bsa kluar jarong gak,..?

    ReplyDelete
  98. Kang batu black opal saya sudah keluar jelly atau getah berwarna biru setelah keluar adakah perawatan lagi unuk mengeluarkan jarong merata full?tolong kasih pencerahan ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bkn getah itu kalo warna biru, itu jarongnya. Coba mainin pake senter aja.

      Delete
  99. Misi gan sobar B O...
    Sya mau nanya ne gan...sya pnya batu black opal yg udah jdi udah di pasang kan cincin nya...cman warna dari batu sya spruh nya ada warna coklat separuh nya warna hitam cman bagian atas aja...
    Yg mau sya tnya kan kira2 bsa kah warna coklat nya itu berubah lgi jadi warna hitam full supaya jarong bisa lbih kluar....
    Trm kasih gan mohon masukan nya bagi yg lebih mengerti..

    ReplyDelete
  100. Ternyata ada tipsnya juga ya miara batu akik he heee sekarang dimana-mana orang lagi demam batu akik, sayang saya tidak tertarik dan tidak hobi koleksi batu akik ...

    ReplyDelete
  101. Punya saya sudah 3 bulan lebih belum kluar juga jarongnya.. Memang sech cuma iseng saya jemur diatap pk air hujan.. 3 hari sekali saya gosok pk serbuk intan.. Kadang saya jemur sharian ga pk air..

    ReplyDelete
  102. Siang bro... Bo.tanduk bisa keluar ga ya jaronk ya?

    ReplyDelete
  103. Ijin baca-baca dan share ya gan. Salam B.O
    Mana posting baru tentang Black Opal nya gan, ditunggu.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  104. Mau tanya bang marlon..BO saya ada rintik" warna kaya yg ada di amplas..apa itu bibit jarong?

    ReplyDelete
  105. gan mau tanya, kalo jelly pada black opal klo di sentuh kerasa kasar atw tidak?

    ReplyDelete
  106. ijin ikutan sharing Bos Marlon....BO saya maaih ada gais2 putih...setelah sy treatment pale minyak (beli) beberapa hari keluar kerlip keemasan, apa itu awal dari proses keluar jarong warna warni ?

    ReplyDelete
  107. Ijin nanya gan....gan saya punya BO sudah jadi cincin, saat ini kondisinya sudah keluar jely ada yg garis besar, banyak pula yg cuma titik2 diseluruh permukaan...yg mau saya tanyakan apakah dalam kondisi seperti ini masih perlu proses pengamplasan?apakan malah tidak merusak permukaan yg sudah halus?terima kasih

    ReplyDelete
  108. Gan,bagian bhan mna yg lebih bgus?saya punya bhan bagian dlem yg udah seperti batu,tp yg bagian luar seperti kayu arang tidak saya ambil.

    ReplyDelete
  109. Agan Marlon, threatmen pada bahan BO yang masih bongkahan besar apa bahan yang dipotong kecil-kecil ya bagusnya?

    ReplyDelete
  110. Bang, Bo saya udah keluar jarong ruyung dan warnanya udah banyak, wlpun msih sdikit belum full dan masih di liat pake senter .. nah kalo pingin jarong nya full n tanpa senter gmn gan .? ap treatment slnjutnya ?

    ReplyDelete
  111. Maaf apa larutan isotonic bisa sebagai pengganti dari air hujan?

    ReplyDelete
  112. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  113. Terima kasih gan dah bagi2 ilmu...
    Tadinya saya pesimis liat bahan BO yg saya punya...seperti g'meyakunkan...
    Vi setelah saya olesin minyak orang2 trus jemur diterik matahari..... Ajaib gan baru 3 jaman dah muncul jarong dominan merah ma hijau dikit...
    Memang baha yg agan share penting...
    Vi saya dah da hasil gan walau baru 30%nan...
    Thankyou very much agan Marlon dah bagi2 ilmu...


    ReplyDelete
  114. Mau share aja gan, saya pake air hujan + tumbukan blimbing wuluh, terus heat treatment yg aman caranya dimasukin dashboard mobil. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  115. Mas Marlo mau tanya, saya punya BO dan sudah saya rendam zaitun selama 1 minggu dan dalam tempo itu juga setiap hari saya jemur selama 2 jam setiap hari dalam kondisi terendam minyak zaitun dalam wadah gelas bening kecil. Apakah cara ini salah atau benar...bolehkan air hujan saya ganti minyak zaitun seperti yg sudah saya lakukan selama 1 minggu ini saya? Saya takut salah dan malah membuat BO saya rusak. Mohon pencerahan dari mas Marlon. Terima kasih

    ReplyDelete
  116. Apakah serat emas menandakan akan keluar jarong

    ReplyDelete
  117. selamat malam kang marlon.. Saya orang baru yang ingin mempunyai batu BO yang penuh dengan kembang jarong sehingga saya membeli bahan BO lewat internet,setelah bahan tiba saya rendam batu tersebut dengan mnggunakan minyak kayu putih dicampur dengan baby oil sekitar 2malam,kemudian saya baca artike kang marlon berikut video nya kemudian saya praktekan sampai step menyiram pada wadah stainles dengan tidak langsung mengenai BO,setelah minyak mengenai batu BO keluar seperti busa pada minuman sprite,lalu saya diamkan sampai batu dan minyaknya dingin, tapi batu tersebut tidak mengeluarkan getah,yang ingin saya tanyakan apakah saya terlalu lama memasak minyak kelapanya sehingga BO tersebut tidak mengeluarkan getah atau karena batu BO tersebut masuk kedalam jenis BO sepah yang teman saya bilang tidak akan pernah bisa mengeluarkan kembang jarong? Mohon pencerahannya kang marlon,terimakasih

    ReplyDelete
  118. Mau tanya om, cara merawat BO kembang jarong gmn ya? Biar awet dan tdk rusak ( cepet retak )

    ReplyDelete
  119. Bagaimana jika batu black opal di jemur di bawah matahari langsung tanpa di rendam di dalam air setiap hari ..

    ReplyDelete
  120. punya saya udah keluar binti warna emas,,apakah itu calon jarong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak punya sy tuh. Ada serat emas nya di permukaan. Itu black opal apa bukan yah.

      Delete
    2. Sama kayak punya sy tuh. Ada serat emas nya di permukaan. Itu black opal apa bukan yah.

      Delete
  121. Maaf gan mau nanya ni.. BO saya ko berserat ya.. Dan udah di gosok gosok juga ga kinclong. Tetap buram.. Apakah itu jenis bo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serat nya warna apa mas. Sama kya BO saya juga begitu ada serat emasnya. Masih bingung juga BO apa bukan. Tapi saya googling memang ada BO jenis serat emas. Tanpa ada kembang jarongnya. Hanya serat emas aja

      Delete
    2. Serat nya warna apa mas. Sama kya BO saya juga begitu ada serat emasnya. Masih bingung juga BO apa bukan. Tapi saya googling memang ada BO jenis serat emas. Tanpa ada kembang jarongnya. Hanya serat emas aja

      Delete
  122. Terima kasih bung Marlon. Berkat artikel bung Marlon Black Opal saya sudah siap untuk proses selanjutnya. Sudah bersih, bening dan semua getah sudah keluar, bahkan 2 biji BO saya ada yang langsung ada titik warna merah.

    Salam jarong, bung Marlon

    ReplyDelete
  123. ia gan,ane dapat cara buat BO biar keluar jarong cepet,masak minyak sampai mendidih,dan rendam BO di dalam minyak panas.boleh di coba gan.

    ReplyDelete
  124. Sy pny Bung BO,, Tapi kecil banget
    pengen cari yg agk gedean dikit
    hargaNYA brpAN Bung

    ReplyDelete
  125. Jarong bo saya hilang pas udah d panasin pake korek api. Gmn yah biar balik lg ? Tolong bantu

    ReplyDelete
  126. dengan menbaca dan menyimak treatment agak paham ane, makasih admin !!! ane ada 1 BO baru kluar hijau , mohon izin ikut tipsnya hehehe!!!!

    ReplyDelete
  127. Makasih agan marlon...berguna banget nech artikel....
    Memang butuh kesabaran extra tinggi.....
    Vi liat hasilnya setelah dithreat...bikin makin kesengsem ma yg namanya black opal....
    Thankyou agan marlon....
    Bravo black opal lovers.....

    ReplyDelete
  128. Saya malah bingung gan,saya punya bahan bo dan hanya saya rendam terus pakai air sumur,saya ga bsa merawat krn jam kerja yg padat,bagaimana ya baiknya gan?mohon pencerahannya,makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  129. Salam kenal ... Bo sy sudah keluar bintik bintik kecil warna silver , apakah itu pertanda akan tumbuh kembang sinar ?

    ReplyDelete
  130. thanks buat infonya gan, sangat bermanfaat
    http://goo.gl/7yVn1O

    ReplyDelete
  131. thanks to infonya gan

    ReplyDelete
  132. Mas black opal sy udah jemur 1mggu tp yg sy jemur itu cm batunya doang g sm air rendamanya apakah nantinya ngaruh sm batunya?,trs sy mnt cara/treatmen untuk batu kalimaya susu n kalimaya pelanginya dong mas,mksh

    ReplyDelete
  133. Anonymous04 June, 2015

    Gan mau tanya neh, saya punya Black Oval sdh berbentuk cincin dan liontin, tapi blm saya ikat, yang saya mau tanyakan , batu Black Oval saya memiliki garis kuning, apakah itu termasuk jarong ???

    makasih atas infoNya, saya tunggu jawaban Anda ok

    ReplyDelete
  134. Misi gan, numpang nanya nih.bo saya rendam dlm air hujan dalam botol kaca tertutup.sudah berlangsung sminggu, lama kelamaan getah yg tadinya menempel pada batu tersebut terangkat ke permukaan air. Apakah normal aja seperti itu gan. Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete

Terima kasih sobat sudah berkunjung di Hotline Terkini, Cara baru Berbagi Online, sekarang giliran anda berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Salam Blogger.