Seni proses, keindahan, dan keunikan Black Opal

Sehubungan banyak dari teman-teman para pecinta Black Opal yang menanyakan seperti apa contoh Black Opal yang merupakan hasil dari Cascade - Treatment  - Awal perawatan Black Opal dan artikel sebelumnya, Cara memperlakukan memperlakukan batu permata Black Opal, maka saya jawab pertanyaan teman-teman pecinta Black Opal dengan menulis artikel  Seni keindahan, keunikan, dan proses dari Black Opal bagi seorang pecinta Black Opal sejati ini.

Saya memaklumi kalau teman-teman pecinta Black Opal merasa tidak sabar ingin sesegera mungkin Black Opal kesayangan, segera tumbuh 'kembang-warna'. Saya tekankan disini, bahwa untuk mendapatkan atau menjadikan Black Opal, bukanlah hal yang mudah, bukan sesuatu yang bisa kita lakukan seperti memproduksi episode sinetron yang sudah 'striping', kejar tayang, terburu-buru. Seharusnya anda memahami kalau pertumbuhan Black Opal pada alam atau natural, membutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan tahun.

Jadi tidak mungkin kita bisa menjadikan Black Opal yang 'full-Jarong' dalam waktu yang singkat , hitungan bulan. Treatment atau Optimasi yang kita lakukan tidak seperti itu. Percepatan yang kita harapkan, ada batasnya. ini dipengaruhi beberapa hal. Perhatikan hal-hal berikut :
 
  • Pemilihan bahan harus tepat. pilih yang banyak memiliki jelly atau getah.
  • Treatment yang benar, jangan memaksa dengan treatment yang aneh-aneh apalagi radikal. misalnya : dibakar, digoreng, menggunakan minyak yang karakter panasnya ekstrim. Coba test-lab hasil "bakaran" anda. 
  • Sabar, rajin, dan tekun dalam merawat. Saya merasa kalau Black Opal juga butuh cinta dan kasih sayang bro... lakukan dengan cinta. Poles halus (mengambang saja), dan jemur tiap hari. Ganti air kelapa atau minyak kelapa jika dianggap sudah perlu ganti. Merawat Black Opal tak ubahnya kita merawat bayi kita.  Nanti anda akan tahu bahwa yang saya bicara ini tidak salah. Anda akan berterima kasih kepada saya, tentang hal ini.
  • Selanjutnya serahkan semuanya kepada Allah, karena keberhasilan merawat Black Opal berarti keberhasilan anda dalam berusaha merubah nasib-finansial atau rejeki anda. Saya juga sama dengan anda, bedanya cuma saya terbang duluan, saya lebih lama menderita, merugi karena Black Opal. Tapi saya adalah pecinta B.O sejati. 
  • Komersial bukan semata-mata tujuan, seni keindahan, keunikan, proses dari Black Opal lebih penting bagi seorang pecinta sejati black Opal.
Berikut adalah foto-foto dari sebagia Black Opal yang saya  punya, yang belum layak untuk dijual, seperti saudara-saudaranya yang tak tahu dikemanakan oleh buyers kami.

Seni proses, keindahan, dan keunikan Black Opal


Seni proses, keindahan, dan keunikan permata Black Opal

Semoga dari data penampakan yang saya tampilkan, bisa membuat teman-teman pecinta Black Opal semakin memahami dan mengerti tentang Black Opal dan semakin tekun dan rajin merawat dan memperlakukan Black Opal secara baik dan benar.

Hasil Perawatan Black Opal stelah 3 bulan 


Contoh hasil Cascade - Treatment dan memperlakukan Black Opal



Dan semoga ini bisa menjawab pertanyaan teman-teman yang ingin mengetahui penampakan-penampakan B.O yang sedang dan masih kita rawat.
Terima kasih.

Bagikan Artikel ini via :
Share on fb Tweet Share on G+

40 Responses to "Seni proses, keindahan, dan keunikan Black Opal"

  1. Wah, yang begini mah harus lngsung dikasih tahu ke abi Ishmah.. Mas MArlon suka batu-batuan (?) gitu yah? :D BTW, apa kabar mas? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu 'alaikum dik Maryam Ishmatullah, hehe.. =)D iyasaya suka kerajinan batu cincin dik. Terutama Kalimaya Black Opal, asli Banten. Kabar baik Ishma, bagaimana dik Ishma baikkah?. Maaf belum sempat mampir.

      Delete
  2. Setelah bacan doko dan palamea dari Ternate, Black Opal paling diburu oleh penggila batu cincin. Harganyapun lumayan mahal untuk kualitas tinggi (natural dan jarong). Bagi B.O nya dong om... hehe.

    Mampir ke blog wisata lampung Yessy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... melempar pujian tiada tara, ujung-ujungnya 'Bagi Om' jajaja.. =)D nanti ada lah buat Adit.

      Delete
  3. Assalamu 'alaikum. Iya dik Maryam Ismatullah, mas suka kerajinan batu. Terutama Kalimaya Black Opal. Kalau sudah keluar kembang warnanya, sangat cantik, unik.

    Kabar baik dik. Semoga Maryam juga senantiasa baik, sehat bahgia, Amin.
    Terima kasih sudah mampir di Hotline Terkini.

    ReplyDelete
  4. BO klw di garang di atas penggorengan dg di bungkus almunium dg sedikit di oles minyak kelap pd permukaan penggorengan trus digarang _/+ 1 jam apa bs mematikan jarong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak orang yang melakukan uji-coba semacam itu, ekstrim. Ada juga yang berhasil mengeluarkan kembang warna, tergantung bakat dari bahan BO itu sendiri. Dengan panas yang konstant dan tehnik tertentu, mungkin bisa, tidak membuat BO mati.. Hanya saja kembang warna pada BO, kurang indah, terkesan layu, redup.

      Pada saat ini, hasil treatment semacam itu, kurang laku dijual. Apalagi tampak jelly yang sudah mati, yang berwarna putih susu.

      Delete
  5. Batunya bagus-bagus sob, salam kenal terima kasih sudah mampir ke blog saya. Kang Yono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang Yono, salam kenal. Mari kita saling memberi dukungan sesama blogger.
      Agar kita bisa tumbuh kembang bersama, amin.

      Delete
  6. Salam BO om Marlon. Saya juga pecinta Black Opal, ijin baca-baca artikel Black Opalnya ya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Silahkan mas Eko. Syukurlah berarti kita sama. Sama-sama batu.. eh sama-sama suka Batu !!. Terutama Black Opal. Ya kan mas Eko??.

      Delete
  7. Susah nyari bahab dari banten om,kemaren ada yang mau jual BO dari kalimantan perkikonya 300ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musim hujan memang agak susah sobat. Mungkin di Banten sana, para penambang Black Opal sedang cuti.. hehehe.. takut longsor kan. Sebentar lagi juga banyak sobat.
      Jangan beli bahan selain dari Banten. Karena Black Opal ya identik dengan Kalimaya dari Banten.
      Kalau dari pulau lain, nggak tahu apa namanya.

      Delete
  8. Susah nyari bahab dari banten om,kemaren ada yang mau jual BO dari kalimantan perkikonya 300ribu

    ReplyDelete
  9. permisi agan2 mau jual bahan black opal nih kiloan .
    paket 1kg bongkahan 150rb
    paket ½kg bongkahan 80rb
    paket 1kg ranting 180k
    paket ½kg ranting 100k.
    paket yg sudah bersih dari lumpur ½kg 175k.
    paket yg sudh digosok licin tinggal diikat gan 50 - 100k aj
    paket yg sudah digosok dan diikat bahn olay gan 100 -150k
    bisa kirim2 luar kota via jne / tiki , ongkir ditanggung pembli
    gambar bisa bbm 51F94705
    whatap 0896-2871-7439
    alamat : kp.cibarengkok rt06/03 ds. pengasinan gunung sindur bogor.16340

    ReplyDelete
  10. bang...minta contoh gambar BO bahan atau yg sudah jadi, kalo tanda-tanda ada getah jelinya. saya lg treatment BO porselen dengan baby oil + minyak telon baby + penjemuran. butuh waktu brp lama ya bang. nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ke artikel "Cara Treatment Awal Black Opal" disitu akan ada contohnya bang. Yang dimaksud Jelly itu getah kalimaya pada black opal, warna putih bening segar, keunguan. Getah atau jelly ini banyak terdapat pada Black Opal sempur ranting. Jika yang tipe keras seperti porselen, akan sangat lama bang. Saya tidak bisa prediksi sama sekali. Kalau sempuratau ranting yang banyak jellynya, asal caranya wajar dan rutin, tekun, nggak sampai 6 bulan biasanya sudah keluar kembang warna walau satu-dua. Saya tidak menyarankan treatment atau perlakuan ekstrim pada batu kalimaya Black Opal.

      Delete
  11. Kang ane punya black opal sudah keluar jelly atau getah warna biru/putihnyaa untuk perawatan selanjutnya gmn ya kang biar full merata kang?mohon dikasih pencerahanya kang?nuhun kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar lebih pasti, silahkan di reset terlebih dahulu boss. Bebaskan Black Opal dari minyak. Lalu jemur selama kurang lebih 3-5jam tiap pagi hari. Setelah agak kering dan tidak mengandung minyak, silahkan direndam air hujan sampai berlumut atau licin. Ganti air-hujan, sampai beberapa kali sesuai keinginan dan feeling boss. Sesudah itu jemur lagi sampai kering, benar-benar kering. Nah ini keadaan yang saya sebut "NOL" atau "Zerro". Selanjutnya terserah boss, mau di hangatkan dalam suhu konstan, atau gimana terserah ingin coba ilmu treatment yang mana. Ekstrim atau alami, silahkan saja. Ekstrim itu misalnya dibakar dibalut Aluminium foil. Kalau normal alami ya dijemur tiap hari terus di gosok ngambang pakai amplas sedang, lalu disimpan ditempat gelap, besoknya dijemur lagi (3 jam pagi hari jam 8-11an).

      Delete
  12. Salam sukses bang marlon..
    Matursuwun buat artikelnya sgt menambah pengetahuan saya..
    Ijin nanya bang ..kalo mau nyari bahan BO yg bagus dan baik yg gmana yaa? Apa hrs yg sudah keras / kristal? Ato yg sempur..mohon pencerahannya..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung niat dan tujuan boss. Kalu mau edisi cepat jual ya saya sarankan Sempur ranting saja. Kalau yang keras, benar-benar Opal (porselen), nggak bisa dijadikan uang dalam setahun boss. Sempur aja, pilih yg banyak getah atau jellynya, lalu di "CASCADE-TREATMENT", di RESET, lalu di treatment sesuai keinginan dan keyakinan. Banyak yang share cara treatment, silahkan pilih yang mau dicoba. Artikel-artikel saya hanya langkah-langkah awal untuk hasil treatment yang lebih Optimal.

      Delete
  13. unik juga website nya juga unik , bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun AdSense saya kena BANNED dari Mbah Google, mastah suhu. Akibat orang syirik atau iseng jahat. Makanya situs saya yang ini, sudah malas urus. Bayangkan saya riset Black Opal, modal dan waktu habis banyak,.. sayang senang bisa berbagi.. ehh... banyak yang Copast tanpa etika, banyak yang dagang batu akik dikomentar pada artikel yang tidak relevan.. seenaknya tanpa etika moral. Ane insyaff sekarang, kembali ke jalan yang benar..:D kembali ke BACAN.. lebih menjanjikan. Tanpa recehan dari Mbah Google, no problemo.. Bacan masih muat buat jajan... :D

      Delete
  14. Malam bang, saya mau nanya bahan yang bakal di treatmen apakah kukitnya harus di kikis habis biar dapat mengeluarkan jarongnya?
    Mohon petunjuk
    Salam

    ReplyDelete
  15. Minyak kelapanya biasa beli dmn gan? Supermarket ada? Merk nya apa ?

    ReplyDelete
  16. Mlm om.marlon,salam jarong!!!
    BO ga peelu di treatment extreme,cukup di treatment biasa plus keuletan dan kesabaran.
    kebetulan saya ternak BO nih.
    yang mau liat2 koleksi BO dan kalimaya saya add aja pin BB 55191389.minyak klapa murni dan bahan BO yg bakat saya jg jual koq.thx om marlon

    ReplyDelete
  17. Salam sukses om marlon, oiya om, kebetulan saya juga punya bnyak bahan bo, dan saya juga pecinta bo, kebetulan saya memang blom lama suka bo dan masih bnyak blajar tentang bo, nah bahan bo yg saya miliki skrg saya treAtment panggang, dan menang ada yg membuah kan hasil nmun pertanyaan saya, cori jelly yg mati sperti apa? Apakah jelly tersebut benar" tidak bisa mengeluarkan jarong? Apa haeus diamplas ulang agar bisa mengeluarkan jelly baru? Terimaksih om marlon untuk tanggapan nya

    ReplyDelete
  18. om marlon...sy udah coba casecade sm bongkahan bo coral , sy potong2 menjd beberapa bagian..tetapi potongan td ada yg retak2 setelah di siram minyak panas. knapa bs gitu apa krn minyak nya terlalu panas..trm ksh

    ReplyDelete
  19. Ini nih yang lagi booming di tempat saya.. nice shared gan..jadi ngeh tentang black opal nih..thanks

    ReplyDelete
  20. Selamat sore om, mohon pencerahan, apakah ada perbedaan anatara jarong natural(terbentuk karena proses alam) dengan jarong yg keluar karena proses treatment baik dengan minyak,air kelapa dan sebainya.. terimakasih. Salam jarong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arti kata TREATMENT sendiri itu kan "PERLAKUAN", memperlakukan. Kalau cara melakukannya 'diusahakan mirip dengan yang diterima Black Opal oleh alam' tentu saja hasilnya tidak berbeda dengan yang benar-benar alami. Tapi pertanyaanya, apakah kita mau menunggu selama itu???. Pilihan ada ditangan kita.

      Delete
    2. Bagi pemain Kalimaya Black Opal, tanpa bantuan alatpun bisa hampir memastikan beda Black Opal "NATURAL" dan yang hasil "TREATMENT RADIKAL". Kecuali sisa getah mati nya benar-benar dibuang, baru bisa sedikit mengecoh kita.

      Delete
  21. Thanks ats pencerhan'y tn mf syanumpang buka lapak,buat tmn" yg butuh bahan bo jarong atw pun kiloan hub:089652522319

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan boss, asal jangan taruh link hidup. :D

      Delete
  22. Dulu awalnya jely bo sya bening, dn ada 1 bo yg sya beli sdh jarong, sya treament dgn zaitun, GPU, betadin, bubuk kulit kerang, kawat tembaga d jadiin satu trus d panasi pake lampu pijar 40w dgn jarak 5cm. Wadah ny pke baskom d lapisi almunium foil. Slama 1 minggu nonstop. Bo yg sdh jarong d beli jd berkerak kaya lumpur ny naik. Dn warna jarong brkurag. Bo yg masi bru. Jely2 ny rata2 jdi putih susu.
    Sya rasa salah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak Zaitun bagus sob, tapi kurang merangsang, terlalu lembut.
      Kalau GPU, sadiss, jangan lakukan dengan GPU.
      Betadin, bubuk kulit kerang, kawat tembaga : saya belum pernah trial menggunakan ini boss.

      Saran :
      * Gunakan Minyak Kelapa
      * Watt pada lampu turunkan pakai 5-10 watt saja.
      * Jarak lampu terhadap rendaman Black Opal disesuaikan, kalau lampu 5 watt jarak kurang lebih 5-8cm. Kalau menggunakan lampu 10 watt jarak jangan kurang dari 7cm.
      * Kalau belum ada catatan percobaan treatment sama sekali, jangan menggunakan bahan pilihan. Terlalu beresiko.

      Delete

Terima kasih sobat sudah berkunjung di Hotline Terkini, Cara baru Berbagi Online, sekarang giliran anda berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Salam Blogger.