9 Hal wajib dalam berkomunikasi

Managemen Interaksi versi Marlon Alamo

Ini tentang hal-hal yang wajib anda ketahui tentang bagaimana kita bersosial, berkomunikasi atau berinteraksi di dalam keluarga , pekerjaan, dan bergaul masyarakat. Karena Marlon Alamo hanyalah seorang karyawan, maka akan lebih nyaman kalau saya berbicara seperti layaknya seorang karyawan yang mencintai pekerjaan. Apakah anda juga seorang karyawan yang mencintai pekerjaan anda?, type karyawan yang harus dimiliki sebuah perusahaan.

Apakah dikantor anda, perusahaan dimana anda paling banyak menghabiskan waktu anda  tersebut, terjalin komunikasi yang mesra?. Seperti kita ketahui, waktu seorang karyawan lebih banyak dihabiskan di perusahaan dibanding waktu untuk keluarga dan teman.  Maka dari itu alangkah senang dan bahagianya seorang karyawan, bila karyawan tersebut berada di lingkungan kerja yang kondusif, mesra dan membahagiakan. Nah, kondisi yang tenang dan mendukung kebahagiaan seorang karyawan ini, akan tercipta jika semua dari orang-orang yang berada di perusahaan tersebut mampu berinteraksi dengan baik.

Oh iya, bagi yang belum membaca artikel pendukung yaitu tentang meningkatkan kemampuan mendengar untuk bis berinteraksi dengan baik, silahkan baca :
Baik, berikut adalah 9 Hal yang harus diketahui dalam berkomunikasi. Komunikasi yang saya maksud ini bisa di masyarakat, keluarga dan di kantor atau dunia kerja.

9 Hal wajib dalam berkomunikasi

9 Hal wajib dalam berkomunikasi


Hal-hal yang harus anda ketahui di dalam  Managemen Interaksi :
1. Bekerja identik dengan bermain.
Seperti keyakinan Thomas Maslow, bekerja itu identik dengan bermain, maka senangi,  sukai dan cintai pekerjaan anda. Anda ingat saat anda masih diusia anak-anak?. Kalau iya, tentu anda ingat apa saja kegiatan-kegiatan anda yang membuat anda senang, bahagia. “Bermain”, apakah benar kegiatan ini yang anda lakukan setiap hari dan membuat anda senang?. Yup’s anggap saja pekerjaan anda adalah mainan !!. Anda akan betah berlama-lama berada di lokasi kerja, karena anda menyukai permainan anda. Karena pekerjaan itu ternyata “menyenangkan” bukan?.

2. Lakukan dengan rasa cinta.
Lakukan pekerjaan anda dengan “senang” dan “rasa cinta”, saya pastikan anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Maka Do It with Love, bro. Ini terbukti dari contoh berikut: “Seorang ibu  sebut saja Ny. Alamo, membuat kue pada hari Jumat, tanggal 01 Agustus  (hehe..tanggal muda penuh semangat, berbunga-bunga penuh cinta karena baru saja gajian membuat suasana hati Ny. Alamo bahagia) , tentu saja kue yang dihasilkan juga akan sesuai standard . Saya katakan kepada anda bahwa semua pekerjaan yang dilakukan dengan cinta, dengan jiwa, pasti akan membawa hasil yang maksimal.

3. Bahagiakan atasan, teman, bawahan, dengan cara berkomunikasi, berinteraksi yang benar.

4. Latih secara terus menerus “kemampuan mendengar” agar dapat berkomunikasi, berinteraksi dengan benar.

5. Tehnik dasar interaksi : Dengar, lalu pahami maksud si pembicara atau lawan bicara, sebelum merespon atau memberikan Feedback.

9 Hal wajib dalam berinteraksi

6. Berinteraksi dengan penuh niat membantu atau “Emphaty” dan tulus atau “Sincere”.

7. Hargai bawahan dengan perhatian dan niat membantu (Emphaty) yang tulus (Sincere).

8. Hindari kata-kata "Perintah!, Kamu harus..!!, ganti dengan kata "Tolong".

9. Kalau bawahan merasa dibahagiakan dengan cara berkomunikasi yang benar, niat membantu (Emphaty) yang tulus (Sincere), yang membuat bawahan tersebut "On-Fire" atau "Full-Motivated" maka tugas dan pekerjaan dia akan maksimal. Akhirnya kita juga yang mendapat nilai bagus, hati senang, semua berjalan lancar.


Akhirnya kita dituntut memiliki perhatian bagi sesama. Baik itu di keluarga, masyarakat dan di tempat kerja. Kehadiran Hotline Terkini juga mempunyai tujuan memberikan manfaat bagi sesama. Semoga semakin hari Hotline Terkini semakin baik dan berkualitas.



Dan sekarang saatnya anda mengatakan 9 Hal wajib dalam berkomunikasi, di kotak komentar Cara baru berbagi online. Terima kasih.


Bagikan Artikel ini via :
Share on fb Tweet Share on G+

12 Responses to "9 Hal wajib dalam berkomunikasi"

  1. bekerja sebagai pegawai tentu akan merasa tak puas selalu ada titik jenuh, mungkin akan ditinggalkan kalau bukan karena kebutuhan, jauh berbeda jika bekerja karena hoby dan cinta juga komunikasi harmonis sesama pegawai, aku baru mengerti tips diatas sangat membantu sekali, trims yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteh Santika Fadilah terima kasih, sudah datang dan berkomentar di artikel saya "9 Hal wajib dalam berkomunikasi".
      Benar teh, kalau kita bekerja karena hobby, kerja jadi seperti bermain. Betah, bahkan sering lupa waktu...
      Semua pekerjaan yang dilakukan dengan cinta, tentu tak ada penyesalan. 'Lakukan dengan Cinta' seperti lagunya Mahadewi,,, hehe....

      Delete
  2. bermain sambil belajar,, eh bermain sambil bekerja..
    nikmati semua pekerjaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sobat Hary Muhlia, kita bekerja seakan kita bermain, karena kita senang melakukan pekerjaan tersebut.

      Treima-kasih sudah berkunjung, sobat Hary Muhlia.
      Salam Blogger.

      Delete
  3. "Lakukan dengan cinta" itu salah satu yang terberat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak berat kalau kita mempunyai cinta kepada pekerjaan, teman kerja, atasan, bawahan. Hal ini brlaku juga pada keluarga, dan masyarakat.

      Delete
  4. Mungkin istri saya termasuk"lakukan dgn rasa cinta" sampai2 kerjaan di bw ke rmh...mabok ini nm nya, jatah saya berkurang, krn dia kecapekaan, telah bercinta dr pagi%%%%%%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang istri mas Rental, kerjanya ngapain mas?. Saran dari saya, kerjaan dan tekanan kerja jangan dibawa kerumah mas. Tolong bilangin istrinya ya mas... hehe.

      Delete
  5. Setuju om, memang segala sesuatu seharusnya dilakukan dengan cinta. Rasa bahagia melakukannya, tentu hasilnya menyenangkan.
    Bagus managemen interaksinya om.
    Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Taufik.
      Terima kasih juga sudah berkunjung di Hotline Terkini. Cara baru berbagi online.

      Delete
  6. Kemampuan berkomunikasi memang sangat penting, baik itu di masyarakat, keluarga, dan di kantor. Ini akan mempengaruhi keberhasilan kita.
    Makasih infonya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama om CS. Terima kasih sudah hadir di Hotline Terkini, Cara baru berbagi online.
      Salam Blogger.

      Delete

Terima kasih sobat sudah berkunjung di Hotline Terkini, Cara baru Berbagi Online, sekarang giliran anda berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Salam Blogger.