MENGENAL PENYAKIT KANKER


Kanker adalah sekelompok penyakit yang memiliki ciri adanya pertumbuhan dan penyebaran sel-sel abnormal (sel kanker) yang tidak terkendali.Sel merupakan penyusun dari semua makhluk hidup. Manusia memiliki trilyunan sel, yang memungkinkan kita untuk bernafas, bergerak, berpikir, dan melakukan semua fungsi yang mencirikan bahwa kita hidup. Namun kadang kala beberapa sel mengalami perubahan fungsi dan perilaku, berhenti berfungsi, bahkan menjadi perusak dalam tubuh sendiri. Sel-sel ini disebut sel kanker.Salah satu sifat utama dari sel, baik sel normal maupun sel kanker, adalah kemampuannya untuk memperbanyak diri. Sel melakukan proses ini dengan cara membelah diri
menjadi dua, empat, delapan, enam belas, dan seterusnya. Proses pembelahan ini, pada sel normal dikendalikan secara ketat. Kecepatan sel membelah berbeda-beda untuk setiap bagian tubuh, sesuai dengan fungsinya. Dalam keadaan-keadaan dimana dibutuhkan pertumbuhan yang lebih cepat, sel akan menerima perintah untuk membelah diri lebih cepat, misalnya pada saat terjadi cedera.Berbeda dengan jaringan normal, sel kanker membelah tanpa menuruti mekanisme pengaturan oleh tubuh. Akibatnya sel kanker seringkali bertumbuh menjadi gumpalan-gumpalan tidak berbentuk, yang lazim disebut tumor atau benjolan.Benjolan ini kadang tidak dapat tinggal diam hanya di satu tempat. Sel-sel kanker dapat merusak bagian tubuh tempat awalnya bertumbuh lalu menyebar ke bagian lain dalam tubuh dan membentuk anak sebar. Sifat inilah yang membedakan kanker dengan tumor jinak, yang hanya tumbuh di tempat awalnya saja. Sekalipun tumor jinak dapat tumbuh menjadi cukup besar dan menekan struktur sekitarnya, namun tumor jinak tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Tumor jinak umumnya diliputi oleh kapsul yang membatasi pertumbuhan dan penyebarannya, sehingga pada umumnya tidak berbahaya, kecuali bila letaknya berdekatan dengan struktur penting, misalnya batang otak atau saluran napas.Kanker sebenarnya bukan merupakan satu jenis penyakit, tetapi lebih tepat bila dikatakan sebagai satu kelompok penyakit. Berdasarkan dua sifat utama kanker, yaitu pertumbuhan yang tidak terkendali dan kemampuan untuk menyebar, maka lebih dari 100 jenis penyakit dapat digolongkan sebagai kanker. Kanker dapat muncul di berbagai bagian tubuh dan memiliki sifat yang berbeda-beda sesuai dengan organ asalnya. Sifat asal ini tetap dipertahankan oleh sel kanker tersebut, sekalipun ia telah menyebar ke organ tubuh lain. Misalnya, sel kanker payudara yang telah menyebar ke paru-paru, akan tetap dapat dikenali sebagai sel dari payudara melalui pemeriksaan histopatologi (PA)
Sumber: American Cancer Society (www.cancer.org)
Wah, wah serem sekali ya kawan BHT, jangan sampai deh kawan BHT mengalami penyakit kanker. Menurut BHT, Kanker adalah penyakit yang mematikan, dan harus kita semua menghindarinya. Bagaimana supaya terhindar dari Kanker?, Para ahli penyakit Kanker dunia banyak memaparkan Cara agar terhindar dari kanker. Tapi BHT dapat menyimpulkan : ”Agar terhindar dari Kanker, kita harus hidup teratur, yaitu makan dengan gizi seimbang dan teratur, Olahraga/gerak badan teratur, hindari Rokok, Alkohol, polusi, radiasi, juga istirahat cukup”. Mari kita perangi KANKER. 
Semoga artikel ini berguna, bagi kita semua, terutama bagi yang belum tahu, apalgi yang masih cuek akan pentingnya “SEHAT”.
Bagikan Artikel ini via :
Share on fb Tweet Share on G+

2 Responses to "MENGENAL PENYAKIT KANKER"

  1. Wah... makasih ya gan .. atas informasinya..
    jadi lebih tahu laginih mengenai kanker..

    vvisit back gan
    http://kevinherivo.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga kunjungannya gan. Ane masih pakai tanda " " [Blockquote], he he. Belum ada ide artikel sendiri. Baru tahap belajar ini.
      Okay gan ane kunjung balik nanti.

      Delete

Terima kasih sobat sudah berkunjung di Hotline Terkini, Cara baru Berbagi Online, sekarang giliran anda berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Salam Blogger.